Gempa Megathrust Membuat Jagat Raya Heboh! Berikut Pengertian dan Penyebab Terjadinya Gempa Megathrust

Gempa Megathrust Membuat Jagat Raya Heboh! Berikut Pengertian dan Penyebab Terjadinya Gempa Megathrust

ILUSTRASI/NET -ILUSTRASI/NET-

CURUPEKSPRESS.COM - Belakangan ini Indonesia di hebohkan dengan kabar dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ) bahwa akan terjadinya gempa Megathrust.

Waktu kapan terjadinya gempa Megathrust masih tidak dapat ditentukan oleh BMKG namun BMKG menghimbau bahwa gempa Megathrust tinggal menunggu waktu, dan menghimbau masyarakat Indonesia untuk tetap bersiap siaga karena gempa  Megathrust diyakini akan menyebabkan tsunami yang dapat membahayakan nyawa masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Ini Zona Gempa Megathrust di Indonesia

BACA JUGA:Terkait Potensi Gempa Megathrust Enggano, BMKG Minta Masyarakat Jangan Panik!

 

Berikut proses terjadinya gempa Megathrust.

Megathrust adalah daerah pertemuan antar-lempeng tektonik Bumi yang berpotensi memicu gempa kuat dan tsunami dahsyat. Zona ini diperkirakan bisa pecah  secara berulang dengan jeda hingga ratusan tahun.


ILUSTRASI/NET -ILUSTRASI/NET-

Di Indonesia, tercatat setidaknya ada 16 zona megathrust yang ada mulai dari ujung barat hingga ujung timur. Potensi guncangan terbesar ada di Megathrust Aceh-Andaman dengan kekuatan maksimal M 9,2.

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Gempa Megathrust di Indonesia, Apa Itu?

BACA JUGA:Gempa 5.0 SR Guncang Bengkulu Terasa Hingga Kepahiang dan Curup

 

Hingga saat ini, belum ada ilmu pengetahuan dan teknologi yang akurat dan mampu memprediksi terjadinya gempa [kapan, dimana, dan berapa kekuatannya].


ILUSTRASI/NET -ILUSTRASI/NET-

Sumber: