Kepsek Diganti, Siswa Mogok

Kepsek Diganti, Siswa Mogok

Termasuk Kepsek Siswanya Mesum

CURUP, CE - Beberapa kepala sekolah (Kepsek) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Rejang Lebong dilakukan pergantian. Disisi lain sebanyak 35 Kepala SMA/SMK di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong dilakukan pelantikan oleh Gubernur Bengkulu, H Ridwan Mukti pada Jumat (3/3) kemarin. (daftar lengkap nama Kepsek yang dilantik bisa dilihat dibagian bawah.)

Data diperoleh CE, untuk jumlah detail Kepsek yang dilantik dan diganti di Kabupaten Rejang Lebong berjumlah 13 SMA dan 7 SMK. Mayoritas seluruh Kepsek yang dilakukan pelantikan tersebut adalah nama-nama Kepsek lama atau Kepsek yang memang menjabat sebelumnya.  Menariknya Kepsek yang salah satu siswanya diduga melakukan aksi mesum dikamar mandi, juga terkena dampak mutasi. Adapun tiga nama Kepsek baru di Rejang Lebong yakni SMAN 01 Rejang Lebong yang sebelumnya dijabat Parji Susanta diganti dengan Mawardi, kepala SMAN 12 Rejang Lebong yang digantikan oleh Ronal Sanjaya SPd, kepala SMAN 13 Rejang Lebong yang digantikan oleh Hartomo SPd.

Untuk Kepahiang sendiri hanya sedikit yang dilakukan pelantikan yakni sebanyak 12 Kepsek dengan rincian 7 Kepsek SMA dan 5 Kepsek SMK. Sementara untuk Kabupeten Lebong, untuk kepala SMA sama sekali tidak ada yang terkena pergantian. Tercatat hanya ada 3 Kepsek SMK yang diganti, yakni SMKN 01 Lebong Selatan, SMKN 01 Lebong Tengah, dan SMKN 01 Lebong Utara.

Siswa Mogok Belajar

Adanya pergantian jabatan Kepsek di SMAN 3 Rejang Lebong berdampak dengan aksi mogok yang dilakukan olah para siswanya. Ini lantaran para siswa mengeluhkan sang Kepsek Wardoyo MPd yang baru menjabat selama 6 bulan lamanya, digantikan dengan Niscaya Megawati SE yang tercatat juga sebagai mantan Kepsek disekolah tersebut. Wardoyo sendiri dikembaliakan lagi ke sekolah asalnya SMAN 4 Rejang Lebong.

Disampaikan Relinda Sirait SH selaku guru PKn didampingi Waka Sarana SMAN 3 Rejang Lebong Amirudin MPd bahwa aksi mogok siswa ini dilakukan siswa dari beberapa kelas. Para siswa mengajak seluruh murid untuk berdemo karena tidak terima kepala sekolah diganti dan mereka mengajak seluruh siswa turun kejalan untuk menyampaikan aspirasi terbuka sasaranya adalah mencari wartawan agar menyampaiknan aspirasi mereka. Sementara seluruh dewan guru tidak bisa menahan aksi tersebut, karena kalah jumlah oleh siswa yang sampai lima ratusan orang.

"Semua menolak namun ini murni keinginan siswa tidak ada yang menyuruh mereka melakukan aksi tersebut," ujar Amirudin MPd. Sementara salah satu siswa yang identitasnya dirahasiakan mengatakan bahawa aksi ini dilakukan karena mereka tetap ingin Wardoyo jadi kepala sekolah. Pihaknya yakin bahwa sekolah akan maju dibawah kepemimpinanya. Senada juga disampaikan siswa lainnya, bahwa pihaknya tidak mau jika Nurcaya Megawati kembali menjadi kepala sekolah dengan alasan kinerjanya tidak bagus.

Pantauan CE, aksi yang dilakukan para siswa ini tanpa membawa pengeras suara dan spanduk. Namun hanya dilakukan berjalan kaki sepanjang jalan dari sekolah tujuan utamanya adalah mencari wartawan agar menyampaikan aspirasinya. Namun sayangnya aksi siswa berjalan kaki yang sempat mengekor sampai STAIN Curup dibubarkan pihak kepolisian. Ini karena para siswa tidak mengantongi izin melakukan aksi.

Disisi lain Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIk melalui Kasat Intel AKP Risdianta SH membenarkan bahwa pihaknya membubarkan aksi para siswa tersebut. "Karena memang tidak ada izin untuk melakukan aksi," singkat Risdianta.(CW9/CE1)


Daftar Pelantikan Kepsek Tingkat SMA/SMK di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong

REJANG LEBONG (SMA) 1.Kepala SMAN 01 Rejang Lebong, Mawardi SPd 2.Kepala SMAN 02 Rejang Lebong, Hamdan Mahyudi SPd Riswanto 3.Kepala SMAN 03 Rejang Lebong, Niscaya Megawati SE Wardoyo 4.Kepala SMAN 04 Rejang Lebong, Riskan Efendi SPd Aprizon 5.Kepala SMAN 05 Rejang Lebong, Tuharlan Efendi Spd Maryani 6.Kepala SMAN 06 Rejang Lebong, Puji Hatuti SPd 7.Kepala SMAN 07 Rejang Lebong, Helmi SS 8.Kepala SMAN 08 Rejang Lebong, Suprehatin SPd 9.Kepala SMAN 09 Rejang Lebong, Yusniarsih SE 10.Kepala SMAN 10 Rejang Lebong, Susi Spd 11.Kepala SMAN 11 Rejang Lebong, Hermanto SPd 12.Kepala SMAN 12 Rejang Lebong, Ronal Sanjaya SPd 13.Kepala SMAN 13 Rejang Lebong, Hartomo Spd REJANG LEBONG (SMK) 1.Kepala SMKN 01 Rejang Lebong, Drs A H Azhar supriyadi 2.Kepala SMKN 02 Rejang Lebong, Drs Hartono Sunardi 3.Kepala SMKN 03 Rejang Lebong, Asep Suparman Spd Mpd Sri Arti Wahyuningsih 4.Kepala SMKN 04 Rejang Lebong, Agustinus Dani Dadang 5.Kepala SMKN 05 Rejang Lebong, Muslim SAg 6.Kepala SMKN 06 Rejang Lebong, Aziz Yanto SPd Asep Suparman 7.Kepala SMKN 07 Rejang Lebong, Hj Sukarsi KEPAHIANG (SMA) 1.Kepala SMAN 01 Ujan Mas, Erni Budiarti MPd 2.Kepala SMAN 01 Tebat Karai, Dr Ghazali Adilah MPd 3.Kepala SMAN 01 Muarah Kemumu, Zawil fathoni SPd 4.Kepala SMAN 01 kabawaten, Junaidi Spd 5.Kepala SMAN 01 Merigi, Amina Tuzzuroh 6.Kepala SMAN 01 Kepahiang, Dr Hartono SPd 7.Kepala SMAN 01 Bermani Ilir, Andri Heryanto SPd KEPAHIANG (SMK) 1.Kepala SMKN 1 Kepahiang, Drs haryani 2.Kepala SMKN 2 Kepahiang, Sigit Aryanto SPd 3.Kepala SMKN 1 Bermani Ilir, Heni Patimah 4.Kepala SMKN 1 Seberang Musi, Hadiwijaya Spd 5.Kepala SMKN 1 Ujan Mas, Saiful Amri SPd LEBONG (SMK)  1.Kepala SMKN 1 Lebong Selatan, Drs Fahrurozi 2.Kepala SMKN 1 Lebong Utara, Zulfianti ST 3.Kepala SMKN 1 Lebong Tengah, Rudi Hartono Jaf

Sumber:

Kepsek Diganti, Siswa Mogok

Terkini

Terpopuler

Pilihan