LPTQ Lebong Bahas Persiapan MTQ

LPTQ Lebong Bahas Persiapan MTQ

LEBONG, CE - Pihak Kemenag Lebong melaksanakan kegiatan rapat Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ), dalam rangka persiapan pelaksanaan MTQ di Kabupaten Lebong, Selasa (9/5). Rapat tersebut diadakan berdasarkan surat LPTQ Nomor 01/LPTQ/05/2017 tanggal 4 Mei 2017. Kegiatan dipimpin oleh Kepala Kantor Kemenag Lebong H. Zahdi Taher dan dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Kadirman, Ketua MUI Lebong H.M. Amin AR, Kabag Kesos Setda Lebong Fabil, S.Sos dan pengurus LPTQ Kabupaten Lebong.

"Pernyataan kesiapan untuk melaksanakan MTQ mengandung makna bahwa kita sudah siap untuk menyukseskan kegiatan ini. Karena itu, saat ini merupakan kesempatan yang tepat untuk melakukan persiapan sebaik mungkin. Undangan kali ini adalah sebagai starting point, yang tujuan intinya adalah menyiapkan kafilah Lebong yang akan mengikuti MTQ, " ungkap Kakemenag Lebong, Zahdi Taher.

Ada dua agenda yang harus kita siapkan. Pertama, yakni persiapan panitia. Kita akan mempersiapkan panitia yang akan mendukung suskesnya penyelenggaraan.  "Termasuk kesiapan anggaran, persiapan acara pembukaan, lokasi acara, jenis acara, serta daftar undangan. Persiapan harus dirincikan sedetail mungkin, " imbuh Zahdi.

Ditambahkan Zahdi, dalam kegiatan ini tugas Kementerian Agama adalah sebagai pelaksana teknis. Namun terkait pengadaan tempat, hal itu bukan menjadi tugas Kemenag.  "Akan ada delapan jenis lomba, karena itu ada depalan tempat yang juga harus disiapkan. Dalam hal persiapannya ini tentu dibutuhkan koordinasi yang matang antar OPD dan panitia. Termasuk menentukan OPD yang akan menjadi pendamping kafilah, " terang Zahdi.

Agenda kedua yang harus kita siapkan adalah kafilah Lebong. Karena selain sebagai tuan rumah, tim Lebong juga harus bisa tampil maksimal. Untuk kafilah Lebong ini tentu menjadi tanggung jawab secara teknis oleh LPTQ Kabupaten Lebong.  "Perlu diingat bahwa kita hanya akan memakai SDM lokal, yakni memberdayakan sumber daya Kabupaten Lebong sendiri. Karena esensi dari kegiatan MTQ adalah untuk memperdalam pemahaman Al-Quran kepada putra-putri Lebong," tegas Zahdi.

Sebenarnya tujuan rapat kali ini ada tiga, yakni pembentukan kafilah Lebong melalui SK Bupati, pembentukan pembina kafilah, serta penentuan lokasi posko kafilah. Termasuk didalamnya adalah menentukan siapa yang bertanggungjawab dalam persiapan kafilah Lebong menjelang hari H nantinya dan menentukan OPD-nya.

Disisi lain ditambahkan Asisten I, Kadirman bahwa pada sekitar tahun 80-an Lebong pernah mewakili Provinsi Bengkulu dalam kegiatan MTQ tingkat nasional yang diadakan di Kalimantan. Karena itu, kita diharapkan bisa mengembalikan kebanggaan tersebut. "Terkait peserta, kita sudah memutuskan bahwa peserta kafilah yang mewakili Kabupaten Lebong adalah penduduk Kabupaten Lebong. Yang dikatakan penduduk Lebong yaitu orang yang garis keturunannya adalah orang Lebong, data kependudukannya berada di Lebong, dan yang punya ikatan kekeluargaan dengan orang Lebong. Untuk itu akan dibentuk tim validasi peserta yang nantinya akan malaporkan hasil validasi datanya dalam rapat LPTQ pada 23 Mei 2017 dan pada 25 Mei 2017 sudah dilaporkan kepada Bupati, " ungkapnya.

Adapun untuk keanggotaan tim validasi data peserta kafilah Lebong yakni Suryono, Eni Narti, Nurziana Wati, Drs. Kusairi, Nurseha, Yuliana, Rena Kuspita, Deltano, Ronal Yunarlis, Fahmi Rozi, Rozi Herawan, M. Zen, Rohani, Arwen Wahab, Yan Rodi, Drs. H. Nursyat Gunawan, Budi (Dukcapil Lebong), Achmad Dahlan.

Terkait tim pembina kafilah dan tempat pembinaan kafilah Lebong akan ditentukan kemudian dalam rapat 23 Mei 2017. Kegiatan rapat ini menyepakati beberapa hal, diantaranya bahwa sumber kafilah MTQ Lebong diperoleh dari hasil seleksi MTQ tingkat Kabupaten Lebong 2016 dan hasil lomba pentas PAI Kabupaten Lebong 2017. Selain itu, masyarakat Lebong yang belum terakomodir pada poin di atas juga akan diseleksi untuk bisa mewakili Lebong dalam kegiatan MTQ ke-33 nanti. Selain itu, hal-hal yang menyangkut keuangan akan disampaikan oleh Kabag Kesos dalam rapat pada 23 Mei 2017. (CE4)

Sumber:

LPTQ Lebong Bahas Persiapan MTQ

Terkini

Terpopuler

Pilihan