Mulai Senin BPJS Ketenagakerjaan Buka Layanan Tanpa Kontak Fisik

Mulai Senin BPJS Ketenagakerjaan Buka Layanan Tanpa Kontak Fisik

CURUP, CE - Mulai Senin mendatang, BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK akan menjalankan protokol Lapak Asik. Dimana Lapak Asik sendiri merupakan singkatan dari Layanan Tanpa Kontak Fisik. Hal tersebut sesuai dengan instruksi standar protokol yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan Pusat guna meminimalisir meluasnya kemungkinan penyebaran Covid-19 di kalangan pekerja yang menjadi pesertanya khususnya di lingkungan unit kerjanya." Jadi dari pelayanan lapak asik sendiri ada dua cara yang dapat dilakukan, " sampai Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Rejang Lebong Curup, Aziz Muslim.Menurut Aziz, bahwa cara pertama sendiri yakni masyarakat atau peserta yang ingin melakukan pelayanan klaim Jaminan Hari Tua (JHT), peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau langsung melalui situs resmi antrian online di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Dimana setelah pada tahap ini peserta sudah mendaftar, paling lambat H-1 peserta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi.
"Selanjutnya petugas kami akan melakukan verifikasi data dan dokumen peserta yang dikirim, usai diverifikasi ini maka petugas akan mengkomfirmasi pada peserta, infomasi lebih lanjutnya, baik lewat telpon seluler, email dan yang lainnya. Dimana tujuan akhirnya mereka tidak repot mendatangi kantor kita," ungkapnya.
Sedangkan cara kedua, jika memang enggan menggunakan aplikasi yang diberikan, peserta dapat membawa syarat yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim jaminan dengan meletakkan dokumen - dokumen tersebut pada dropbox yang telah disiapkan pihaknya. Namun untuk komunikasi antar petugas dan peserta tetap saja menggunakan alat komunikasi telpon, sehingga tidak ada pertemuan atau kontak fisik yang dilakukan petugas dan peserta.
"Ini cara keduanya, hanya berbeda pada penyerahan dokumen dengan sistem yang diakses secara online tadi," ujarnya.
Serta pihaknya juga menyampaikan bagi siapa saja yang mendatangi Kantor Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Rejang Lebong, selain menerapkan standar protokol "Lapak Asik" pihaknya jugamenyediakan hand sanitizer yang dapat digunakan peserta dengan tetap menjaga sterilisasi kondisi tubuh mereka.
" Dimana untuk Rejang Lebong sendiri mulai diterapkanya lapak asik sendiri mulai Senin mendatang," jelasnya.
Serta hal ini murni untuk kemungkinan penyebaran corona atau covid 19 di Rejang Lebong, yang saat ini sedang menghantui. Dengan itu kepada masyarakat atau peserta, silahkan melakukan dua cara yang sudah pihaknya sampaikan, sehingga bekerjasama dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong. (CE1)

NIKE/CE
Pertemuan Kepala BPJS Ketenagakerjaan dengan Bupati Rejang Lebong beberapa waktu lalu

Sumber: