3.240 Vial Vaksin Tiba di RL

3.240 Vial Vaksin Tiba di RL

CE ONLINE - Sebanyak 3.240 Vial Vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) merk Sinovac, Selasa (26/1) siang tiba di gudang penyimpanan kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong. Disisi lain penjemputan vaksin ke Dinkes Provinsi Bengkulu dengan pengawalan ketat TNI dan Polri.
"Alhamdulillah siang ini (kemarin, red) sebanyak 3.240 Vial Vaksin tiba di Rejang Lebong. Ribuan vaksin ini merupakan jatah vaksin pertama dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI," ujar Kepala Dinkes RL, Syamsir SKM MKM didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Sofan Wahyudi S.Si Apt MPH.

Menurut Syamsir, bahwa usulan tahap pertama yang diusulkan pihaknya kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu sebanyak 1700 penerima. Hanya saja, dari Pemprov Bengkulu melalui Dinkes Provinsi Bengkulu memberi jatah untuk Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 1.620 penerima.
"Dimana masing-masing penerima ini, akan menerima dosis. Dalam jangka waktu 14 hari," sampainya.

Lanjut Syamsir, untuk tahap pertama ini vaksin Diutamakan untuk tenaga kesehatan. Namun kemungkinan tidak seluruh vaksin terpakai. Mengingat penerima vaksin harus dilakukan screening test terlebih dahulu. Karena menurutnya, ada beberapa penyakit tidak boleh divaksin.
"Tim screnning sudah kita siapkan, yang akan memeriksa terlebih dahulu bagi penerima vaksin. Apakah bisa di vaksin atau tidak, nanti tergantung hasil screening," katanya.

Sementara itu, Syamsir menyebut bahwa pelaksanaan Vaksin akan dilaunching pada 1 Februari mendatang. Pelaksanaannya dipusatkan di Puskesmas Curup.
"Awalnya akan dilaunching 3 Februari. Namun dipercepat, jadi tanggal 1 Februari. Untuk kesiapan tenaga vaksinator sudah kita siapkan. Mudah-mudahan segera kita Laksanakan," ujarnya.

Di sisi lain, kemarin perkembangan kasus Covid-19 menjadi 608 kasus konfirmasi. Ini setelah Bersambung …

Baca selengkapnya di Koran Harian Curup Ekspress edisi Rabu, 27 Januari 2021

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: