RL Belum Terima Penambahan DAU

RL Belum Terima Penambahan DAU

CE ONLINE - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong terancam ditunda. Pasalnya, hingga Rabu (30/6) kemarin Pemkab Rejang Lebong masih belum mendapat jawaban dari Pemerintah Pusat terkait ajuan penambahan Dana Alokasi Umum (DAU).
"Sampai hari ini (kemarin, red) kita belum memutuskan untuk melaksanakan seleksi CPNS dan PPPK. Bukan tanpa dasar, karena memang kita belum mendapat jawaban dari Pemerintah Pusat. Jika memang tidak adanya penambahan DAU, maka pelaksanaan CPNS dan PPPK di Rejang Lebong tahun ini kita tunda dulu," sampai Sekretaris Daerah (Sekda) Rejang Lebong, H RA Denni SH MM saat dihubungi CE.

Menurut Sekda, bahwa yang tersedia hanya anggaran pelaksanaan. Sedangkan untuk gaji CPNS dan PPPK di tahun depan, dengan kondisi keuangan yang ada di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 mendatang tentu sangat tidak memungkinkan. Yang dikhawatirkan jika tetap dipaksakan, pembangunan justru sulit berjalan.
"Kalau secara anggaran pelaksanaan, kita siap. Yang jadi masalah ini, gaji mereka di tahun depan yang menyulitkan kalau tidak dibantu oleh tambahan DAU," sampainya.

Sementara itu, Sekda mengatakan bahwa pihaknya meminta kepada para pencari kerja khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Rejang Lebong untuk bersabar. Karena pertimbangannya, anggaran yang tidak memungkinkan jika pada kenyataan untuk gaji dikembalikan kepada daerah.
"Anggaran kita terbatas, DAU tahun ini dipotong Rp 18,5 Miliar, kemudian mengharuskan mengalokasikan anggaran 8 persen dari APBD untuk penanganan Covid-19, ditambah lagi kita harus mengalokasikan anggaran untuk TKS yang direkrut. Termasuk beberapa kebutuhan lain yang juga dinilai mendesak. Oleh karena itu, kita minta para pencari kerja bersabar, karena kita masih menunggu jawaban," pungkasnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: