AKREL Ciptakan Lulusan Berjiwa Wirausaha

AKREL Ciptakan Lulusan Berjiwa Wirausaha

CE ONLINE - Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) Ir Abdul Aziz MP menyampaikan keunggulan apabila kuliah di AKEL, yakni pihaknya akan menciptakan lulusan yang handal dan siap untuk berwirausaha. Hal ini jelas sesuai dengan visi dan misi pendidikan vodkasi itu sendiri, mempersiapkan lulusan yang handal berwirausaha dalam bidangnya.
"Salah satu keunggulan kampus kita, kita bina langsung mahasiswa kita untuk berwirausaha dalam prodi yang mereka ambil di kampus kita," sampai Ir Abdul Aziz MP kepada wartawan.

Dicontohkan dirinya jika pada Prodi Budidaya TAman Hortikultura, mahasiswa dibina pihaknya untuk bisa usaha tanaman sayuran atau holti yang berkualitas dengan nilai jual yang tinggi. Termasuk bagaimana memulai usaha tersebut, kesiapan dalam usaha dan juga bagaimana proses membudidayakannya, terlebih untuk sayuran yang sehat alami, tanpa kimiawi.
"Ditambah prodi ini bisa menunjang lahan perkebunana sentral sayur mayur yang ada di Rejang Lebong yang butuh tenaga ahli lulusan AKREL," ungkapnya.

Begitu juga dengan teknologi produksi ternak unggas, saat ini sudah banyak lulusan AKREL yang memiliki perternakan ayam sendiri, baik itu ayam potong, atau ayam petelur, dimana saat ini juga kebutuhan konsumsi terhadap keduanya terus dibutuhkan, dan semakin lama semakin bertambah.
"Kita mindset mereka untuk berwirausaha pada bidangnya, dan juga mampu bersaing didunia kerja atau industri pada bisang tersebut," jelasnya,

Begitu halnya dengan prodi Budidaya Perikanan Air Tawar, dimana mahasiswa dapat melihat potensi usaha pada bidang ini, baik untuk yang komersil untuk ikan hias, ataupun ikan air tawar yang dikonsumsi sehari - hari. Dimana dalam hal ini selian mahasiswa diberikan teori, mahasiswa juga diberikan praktik lapangan secara langsung.
"Temasuk juga kita magangkan secara langsung pada dunia indutri bidang tersebut yang lebih nyata, dan kita juga piltripkan mereka pada jajaran yang terkait dengan prodi kita, dan hampir seluruh biayanya kita gratiskan untuk membantu mahasiswa kita," ujarnya.

Dengan harapan adanya kampus AKREL di Rejang Lebong ini mampu menopang kemajuan bidang - bidang yang terdapat pada Prodi yang ada pada kampus tersebut, dan bisa menjadi wirausaha yang unggul dalam bidangnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: