Kades Lubuk Kembang Tutup Usia, Plt Kades Dijabat Camat

Kades Lubuk Kembang Tutup Usia, Plt Kades Dijabat Camat

CE ONLINE - Camat Curup Utara, Rector Vande Armada ditunjuk sebagai Plt Kades Lubuk Kembang. Hal itu dikarenakan, Kades yang sebelumnya menjabat yakni Rozi berhalangan tetap (meninggal dunia,red). Kabar duka tersebut dialami warga Lubuk Kembang sekira dua pekan yang lalu.
"Mengenai Kades Lubuk Kembang yang sebelumnya meninggal, oleh karena itu kita ajukan sebagai penggantinya yakni Rector yang merupakan Camat Curup Utara. Karena yang menduduki itu harus PNS," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong, Suradi Rifai, SP, M.Si kepada awak media pada Senin (23/8).

Suradi menyampaikan, masa jabatan kades sebelumnya hanya tersisa satu tahun lagi. Menurutnya, jika masa jabatan tersebut satu tahun atau kurang dari setahun lagi maka pihak DPMD bisa langsung merekomendasikan Plt nya.
"Beda cerita kalau masa jabatan kades tersebut lebih dari setahun lagi, maka harus diproses melalui usulan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atau juga dari pihak kecamatan," sampainya.

Di sisi lain dirinya menambahkan, ada sebanyak 61 desa di Kabupaten Rejang Lebong yang Kepala Desa nya habis masa jabatan di tahun 2022 mendatang. Menurutnya, desa-desa tersebut tersebar diseluruh kecamatan kecuali Kecamatan Curup Kota.
"Artinya hanya dari 122 desa, setengahnya para kades akan habis masa jabatan di bulan Agusutus tahun depan secara serentak," tandasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: