Semester I, Baznas Terima Rp 970 juta

Semester I, Baznas Terima Rp 970 juta

CE ONLINE- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rejang Lebong merima zakat, infaq dan sedekah, kurang lebih Rp 970 juta. Adapun besaran dana zakat, infaq dan sedekah atau ZIS tersebut dihimpun terhitung Januari hingga Juni 2021 ini.
"Ini dihimpun dari zakat, infaq dan sedekah ASN Rejang Lebong, ditambah dengan perorangaan di Rejang Lebong," sampai Ketua Baznas Rejang Lebong, Faisal Nazarudin, kemarin.

Adapun setelah pihaknya menghimpun, pihaknya juga langsung melakukan penyaluran yang kurang lebih 70 % dari dana yang dihimpun. Sementara untuk 5 program unggulan Basnas Rejang Lebong, Yakni pertama untuk Rejang Lebong Cerdas, bantuan untuk pendidikan yang disalurkan Rp.114.675.000, siswa tidak mampu di Rejang Lebong.

Kedua Rejang Lebong Sehat, bantuan yang diberikan untuk biaya pengobatan sejumlah temuan penderita berbagai penyakit di Rejang Lebong, dengan jumlah Rp.137.350.000.
"Misal ada yang butuh tongkat kita berikan, ada yang kekurangan biaya pengobatan," ungkapnya.

Adapun yang ketiga untuk program Rejang Lebong taqwa bantuan yang diberikan untuk kegiatan dakwah dan keagaam di Rejang Lebong, misalnya, membantu pendistribusian Dai, Muballigh, Ustad, Guru Ngaji, dan penggian keagamaan dalam rangka meningkatkan kualitas pemahaman, dengan jumlah yang tersalur Rp.5.850.000.
"Karena memang tidak juga banyak, bidang ini yang paling kecil baru kita salurkan," terangnya.

Ke Empat yakni Rejang Lebong Sejatera 295.000000, yang paling banyak dan menjadi skala prioritas di Rejang Lebong, dimana pada bidang ini Basnas Rejang Lebong memberikan bantuan pada sektor pertanian, dengan memberikan 25 unit mesin semprot dimasing - masing kecamatan yang ada di Rejang Lebong, dan 3 unit mesin pemotong rumput perkecamatan.

Dimana mereka merata diberikan sesuai dengan katagori penerima.
"Ditambah yang ke empat ini adanya bantuan hewan ternak yakni Kambing dibeberapa kecamatan yang memang dianggap bisa menjalankan program tersebut, dengan kurang lebih ada 24 ekor kambong yang berikan pada 3 kelompok, dengan masing masing kelompok 7 ekor kambing perempuan dan 1 kambing jantan, dengan tujuan ini bisa berkembang dan bisa membantu perekonomian masyarakat, ditambah kita juga memberikan bantuan grobak warung kreatif dari basnas, yang ada dikecamatan Selupu Rejang - PUT," pungkasnya.

Adapun yang kelima yakni Rejang Lebong peduli yang disalurkan Rp. 114.475. 000, untuk membantu sejumlah korban bencana di Rejang Lebong, termasuk korban kebakaraan. Dengan itu total yang disalurkan Rp. 667.350.000 rupiah. Dimana dalam hal ini pihaknya pengelola Basnas, sedang mengajukan pengelolaan Basnas yang tersistem dan online, sehingga seluruh pihak bisa mengakses, dan memberikan rasa tranparansi dalam pengelolaan dan zakat tersebut. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: