Juli BKK Ditergetkan Cair

Juli BKK Ditergetkan Cair

Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemerintah Desa PMD Rejang Lebong Bobby H Santana, S.STP--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemerintah Desa PMD Rejang Lebong Bobby H Santana, S.STP menegaskan, penyaluran dana bantuan keuangan khusus (BKK) senilai Rp 100 juta untuk setiap desa diperkirakan akan disalurkan pada pertengahan Bulan Juli mendatang.

BACA JUGA: Perampokan Alfamart, Polisi Sita 2 Unit HP Kasir

Dikatakan Boby, tahap penyaluran tersebut dilakukan setelah semua desa mengajukan berkas usulan BKK.

Dimana saat ini pengajuan berkas BKK itu sendiri sedang berjalan dan sudah dibuka sejak beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Rampok Bersenpi Beraksi di Alfamart, Gasak Duit Puluhan Juta Rupiah

"Untuk saat ini tahap pengajuan berkas, kami tergetkan  pertengahan  Juli mendatang penyaluran BKK sudh bisa dilaksanakan. Untuk itu semua desa diminta sesegera mungkin mengajukan berkas usulan," kata Bobby.

BACA JUGA: Hasil Popda, Lebong Posisi Terbawah

Dijelaskan Boby, setelah mengusulkan berkas kepada pihaknya, berkas tersebut akan dicek kembali oleh Pemerintah Daerah Kabupaten RL melalui Tim Fasilitasi Program BKK Tingkat Kabupaten yang di koordinir oleh pihak BAPPEDA RL.

BACA JUGA: Beredar "Video Hot" di Medsos, Diduga Warga Curup

Boby juga menjelaskan, bahwa BKK senilai Rp 100 juta yang akan disalurkan kepada setiap desa, diperuntukkan untuk pemberian modal kepada desa agar membuka usaha yang produktif, yang akan dijalankan oleh masyarakat maupun BUMDes.

BACA JUGA: Penerapan Pelat Nomor Putih Belum Berlaku, Polres Lebong Masih Tunggu Petunjuk

"Sesuai dengan UU No 6 tahun 2014 tentang penyertaan modal di desa, BKK ini hanya dipergunakan untuk usaha yang produktif, dan dapat memberikan penghasilan untuk desa,"sampainya.

Karena nya Boby menyampaikan, setiap pemimpin dan perangkat desa wajib mengikuti mekanisme dan pelatihan lanjutan, ketika sudah menagjukan berkas BKK.

BACA JUGA: Akhir Juni, Inspektorat Rilis Hasil Audit DD 32 Desa

"Untuk tahap selanjutnya sedang disusun, yang jelas saat ini kita sedang dalam proses pngajuan berkas BKK dan sedang mengkaji anggaran yang akan disalurkan," tukasnya.

Sumber: