Sedekah Bumi, Ungkapan Rasa Syukur

Sedekah Bumi, Ungkapan Rasa Syukur

DOK/CE Pelaksanaan sedekah bumi di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Bupati REJANG LEBONG Drs H Syamsul Effendi MM pada Selasa (9/8) menghadiri sedekah bumi yang dilaksanakan di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan sedekah bumi merupakan salah satu bentuk ungkapan syukur masyarakat. 

BACA JUGA :  Kasus Nenek Tutup Akses Jalan Tetangga, Camat Mediasi Lebih Lanjut 

"Kegiatan sedekah bumi, merupakan kegiatan positif seperti halnya kisah Nabi Musa. Sedekah bumi ini juga sebagai bentuk ungkapan syukur masyarakat," ujar bupati dalam sambutannya. 

Bupati berharap, sedekah bumi ini juga diharapkan dapat membawa berkah dan hasil pertanian masyarakat kedepannya juga semakin melimpah dan dapat memberikan rezeki yang lebih sampai tahun-tahun yang akan datang. 

BACA JUGA :  Masuk Usulan 2023, Jalan Desa Belirang Akan Dibangun 

"Kami berharap tradisi sedekah bumi dapat terus dilestarikan. Bukan tahun ini, namun sampai tahun-tahun yang akan datang," sampainya.

Sementara itu Tokoh Masyarakat setempat, Mariono mengatakan sedekah bumi sebagai bentuk syukur sekaligus memperingati 1 Muharram atau tahun baru Islam. Sedekah bumi ini juga dilakukan, agar masyarakat selalu ingat dengan bumi.

BACA JUGA :  Hamil 4 Bulan, IRT di Kepahiang Terinfeksi HIV

"Manusia ini berasal dari bumi, kemudian makan dari hasil bumi. Maka sudah sewajarnya kita untuk bersedekah bumi agar selalu ingat dengan bumi. Kemudian bumi ini juga wajib dijaga dan jangan dirusak kelestariannya," katanya. 

Di sisi lain, dalam kesempatan itu juga Bupati RL secara simbolis menyerahkan bantuan sebesar Rp 50 juta kepada Masjid Al-Amin Kelurahan Karang Anyar. Dimana ia akan bantuan ini juga diketahui merupakan hibah Pemkab untuk pembangunan dan penambahan fasilitas masjid. 

Sumber: