Kurangi Ujian dengan Istighfar

Kamis 21-09-2023,03:00 WIB
Reporter : Ari M Ridwan
Editor : Ryen Meikendi

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Setiap manusia yang berpijak di muka bumi ini pasti pernah mengalami masalah, baik masalah kecil, sedang maupun besar.

Dalam Islam, umatnya selalu diajarkan untuk selalu berpegang teguh pada agama Allah dan selalu ingat kepada-Nya, tidak terkecuali saat dihadapkan oleh suatu masalah dalam hidup.

BACA JUGA: UHA: Allah Itu Baik Banget

Da'i yang dekat dengan anak muda, Ustadz Hanan Attaki atau UHA memberikan nasihat yang mesti dilakukan apabila sedang dalam masalah.

 

Kalau kita sedang dalam masalah, kita coba bangun awareness (kesadaran) bahwa Allah ingin membersihkan dosa-dosa kita. Lalu kita berdoa ya Allah bantu saya, ya Allah tolonglah saya sembari mengucapkan istighfar.

BACA JUGA: Ujian Datang Sebagai Bentuk Perhatian Allah

"Saya kadang-kadang ngerasa nih, kalau ada dosa, ada kesalahan, ada kekeliruan yang lakukan misalnya gitu, kalau saya gak kuat istighfarnya bentar lagi akan diuji sama Allah. Ujiannya macam-macam, Alhamdulillah nya ujiannya masih ketahan," jelas Ustadz.

BACA JUGA: Ini Nikmat Allah yang Paling Berharga Menurut Ustadz Hanan

Pasti diuji sama Allah apabila dalam istighfar nya tidak kuat, taubatnya tidak kuat, dan biasanya langsung sadar.

"Oh benar berarti yang tadi nih lagi dihapus sama Allah," tambahnya. 

Maka pesan UHA, kencangkan lagi dan perkuat lagi istighfar. Kenapa? Karena kalau istighfar kita kuat berarti dosa kita dihapus dengan istighfar. Otomatis ujian kita durasinya berkurang, makin kuat istighfar makin berkurang ujian.

"Kalau istighfarnya sudah mantap, Allah cabut tuh ujian kita, diganti dengan kebaikan," imbuh Ustadz.

Kategori :