Perlu Diperhatikan! Ini Penyebab Rem Motor Anda Sering Bunyi Berdecit

Jumat 20-10-2023,23:00 WIB
Reporter : SANDIA JAYANTI
Editor : redaksi

NASIONAL, CURUPEKPRESS.COM Sebagai pengendara kendaraan roda dua, motor sangat membantu dalam tiap perjalanan. Namun, dibalik itu penggunaan kendaraan juga perlu anda perhatikan loh!.  Tidak hanya rutin mengganti oli atau mengecek keamanan ban.  Keselamatan di perjalanan tergantung bagaimana si pengendara, kondisi motor dan kondisi jalan.

Ketika tidak fit membawa motor dengan rem berdecit dan jalan berlubang, rasanya sudah sangat komplit permasalahan itu, bukan. Maka  salah satu hal ini harus anda perhatikan!

BACA JUGA:Mau Beli Motor Baru di Dealer, Berikut Tipsnya

Pasti anda pernah mendengar motor milik orang lain saat sedang mengerem berbunyi berdecit atau malah motor anda sendiri yang merasakan itu? Tentunya ini sangat mengganggu selam di perjalanan karena akan memberikan kesan berisik pada diri sendiri dan orang lain. Sebenarnya apa ya penyebabnya?

 

Berikut penjelasan penyebab rem motor sering berdecit dan cara mengatasinya;

 

Disk brake motor berkarat

Disk brake atau disebut sebagai piringan, dimana kondisi ini disebabkan piringan telah mengalami karat karena telah lama digunakan dan lembab karena sering terkena air saat musim penghujan. Ini menandakan bahwa piringan harus segera diganti.  

Solusinya membawa motor untuk segera ke bengkel mengganti ke piringan baru dan upayakan agar disk brake yang terkena air dapat kering atau setidaknya tidak dalam keadaan lembab terlalu lama.

BACA JUGA:4 Inspirasi Motor Custom, Bikin Kamu Telihat Gagah Saat Berkendara !!!

Kampas rem telah kotor

Jika disk brake dapat berkarat dan lembab karena terlalu sering terkena air. Maka untuk kampas rem sendiri dapat kotor karena pengendara terlalu sering membawanya ketempat yang berpasir sehingga perlahan  kampas rem kotor. Tidak hanya pasir debu di jalanan pun dapat mengotori kampas rem.

Untuk solusinya anda dapat rutin mencuci motor seminggu sekali setidaknya untuk meminimalisir adanya debu. Lalu keringkan motor yang dicuci dengan mesin yang ada di steam atau dijemur sementara dengan paparan sinar matahari demi menjaga disk brake tidak ikut bermasalah

 

Kategori :