Resep Kue Tradisional Si Cantik Kue Lapis Percik

Jumat 04-08-2023,21:30 WIB
Editor : DESI AP

FOOD, CURUPEKSPRESS.COM- Kue lapis percik adalah kue tradisional yang mempunyai tampilan kue yang cantik, dan rasanya pun manis dan legit. kue ini cocok untuk ditemani dengan segelas kopi hangat.

Yuk simak resep di bawah ini.

 

Bahan-bahan:

  • 10 sdm tepung beras(rosebrand)
  • 7 sdm terigu
  • 7 sdm tapioka
  • 8 sdm gula pasir(me:10 sdm)
  • 800 ml santan
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/4 sdt garam
  • Secukupnya pewarna makanan

BACA JUGA:

Cara Membuat:

  1. Campur dan ayak ketiga jenis tepung, sisihkan.
  2. Panaskan santan, gula pasir, garam dan daun pandan. Tidak perlu sampai mendidih cukup sampai gula larut. Saring dan dinginkan.
  3. Tuang santan ke tepung yang sudah diayak, aduk rata. Bila ada gumpalan/bergerindil sebaiknya disaring.
  4. Panaskan kukusan dengan api sedang dan alasi tutup kukusan dengan serbet bersih.
  5. Bagi adonan. Ambil 3 sdm masing2 warna untuk motif. Ambil 2 sendok sayur untuk alas dan penutup beri warna hijau/pandan. Sisanya biarkan putih.
  6. Alasi loyang dengan plastik yang tahan panas. Kalau tidak ada loyang dioles minyak sayur.(Gunakan loyang kecil dan tinggi ya, biar terlihat bagus motifnya, saya pakai loyang 20x20 jadi hasilnya pendek)
  7. Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap banyak/mendidih. Masukkan cetakan. Masukkan 1 sendok sayur warna hijau(sebagai alas) kukus selama 5 menit.
  8. Kemudian masukkan adonan 1 sendok sayur warna putih, kukus selama 5 menit. Ketika sudah 5 menit masukkan beberapa adonan warna untuk motif.(sebaiknya motif jangan terlalu melebar seperti saya ya????, biar bagus) kukus selama 3 menit.
  9. Lalu timpa lagi dengan 1 sendok sayur warna putih, kukus 5 menit. Lalu beri motif lagi, letak motifnya jangan satu garis dengan dibawahnya dan warnanya diganti-ganti. Lakukan sampai habis. Dan terakhir ditutup dengan 1 sendok sayur warna hijau dan biar tanak terakhir dikukus selama 30 menit. Angkat dan dinginkan.
  10. Potong lapis dengan menggunakan pisau yang dialasi plastik. Siap disajikan.

BACA JUGA:

 

 

 

Kategori :