Atasi Kebiasaan Cengeng dan Manja Pada Anak Sejak Dini

Rabu 25-10-2023,07:30 WIB
Reporter : SANDIA JAYANTI

PENDIDIKAN, CURUPEKPRESS.COM – Sepertinya semua anak pernah berada di fase cengeng. Banyak yang mengira saat anak menjadi cengeng dibiarkan saja dengan dalil bahwa masih kecil, masih suka mengekspresikan diri. 

Perlu dicatat kita harus bisa mengatasi hal tersebut agar nantinya anak bisa tumbuh dengan berani. Kebiasaan membiarkan anak menangis akan membentuk ia menjadi cengeng hingga dewasa menjadi penakut dan manja.

 

Tidak terlalu sering menuruti permintaan anak dengan mudah

Sebagai orantua pasti ingin selalu bisa memenuhi keinginan anak. Tapi perlu diperhatikan keinginan seperti apa yang diminta dan kondisi seperti apa saat anak memintanya. Anak akan menjadi cengeng, ketika anda memberikan apa yang diinginkannya saat menangis. Digaris bawahi ketika ia menangis karena menginginkan sesuatu yaa. Sering kali ketika melakukan kesalahan atau tidak dituruti kemauannya, menangis adalah jalan ninja untuk memanipulasi orangtua. Ketika anak anda menangis tenangkan dengan cara yang bijak dan tegas, bukan denagn menuruti keinginannya. Nanti ia akan berpikir bahwa menangis berarti mendapatkan keinginan. Hal ini lama kelamaan jika dibiasakan akan membentuk anak menjadi cengeng.

 

Bentuk anak agar selalu merasa aman

Kenapa demikian? Anak yang cengeng berarti lebih memiliki sifat yang sensitive. Menurut psikolog amak sensitive perlu diberi dukungan dari orangtua agar menjadi lebih percaya diri dan mampu menjadi pribadi yang berani.

Rasa aman dapat orangtua berikan dengan mengurangi kebiasaan menakut-nakuti anak. Pasti diantara kita pernah menakut-nakut si kecil, bukan? Tapi ada baiknya dikurangi agar anak memiliki rasa keberanian, jika ditakuti anak akan memiliki nyali yang ciut atau lemah dan membuatnya lebih sensitive hingga cengeng. Karena saat ia tidak memiliki keberanian ia akan menangis.

BACA JUGA:

Tidak membiasakan anak untuk sering mengeluh

Saat kecil anak sering mengeluh untuk beberapa hal atau semua hal. Sifat manja berawal dari kebiasaan mengeluh. Orangtua dapat mengatasinya dengan cara selalu memberi energy positif terhadap anak. Beri ia motivasi serta ajarkan anak untuk mengubah keluhan. Bila anak mengeluh, beri tahu anak untuk bersabar dan beri ia jalan untuk mengusahakan solusi atas keluhannya.

 

Kenali anak dan ketahui cara pendekatan terbaik

Menemani dari Rahim hingga tumbuh menjadi anak yang aktif. Orangtua harus perlahan dan sepenuhnya mengali anak. Perhatikan saat ia mendengar saran, apakah akan tersinggung atau merasa terkucilkan. Bagaimana responnya saat ditegur apakah akan spontan menangis atau tidak. Dari hal kecil seperti ini maka anda akan tahu apakah anak dalam kategori sensitif atau tidak. Karena sifat sensitive juga akan membuat anak menjadi mudah menangis, manja dan tumbuh menjadi cengeng. Dan tanpa kita sadari ternyata ucapan dan tindakan orangtua bisa menjadi faktor utama anak menjadi cengeng. Ketika anda berusaha mengatasinya dari luar tapi ternyata dari dalam yang merusaknya. Contoh anak yang sensitive ditimpali dengan teriakan orangtua saat ia berbuat salah. Maka sebagai orangtua tidak hanya mengatasi sifat cengeng dan manja dari luat tapi juga belajar mengatasinya dari dalam rumah anak itu sendiri yaitu kedua orangtuanya.

Kategori :