CURUPEKSPRESS.COM - Di era globalisasi, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dihadapkan pada tantangan dan peluang yang lebih besar.
Untuk bersaing tidak hanya di pasar lokal, tetapi juga internasional, penting bagi UMKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka.
Berikut beberapa strategi yang dapat diterapkan:
1. Standarisasi produk
ILUSTRASI/NET-ILUSTRASI/NET-
Mengadopsi standar kualitas yang diakui secara internasional dapat membantu UMKM meningkatkan kredibilitas produk.
Sertifikasi ISO atau standar industri lainnya dapat menjadi langkah awal.
2. Riset pasar
Memahami kebutuhan dan preferensi pasar internasional melalui riset pasar yang mendalam.
Ini membantu UMKM menyesuaikan produk agar sesuai dengan selera konsumen di berbagai negara.
BACA JUGA: Naikkan UMKM Lokal, Shopee Hadirkan Serangkaian Program Keren
BACA JUGA: Faktor Keunggulan Shopee Bagi Pelaku Usaha Brand Lokal & UMKM
3. Inovasi dan R&D
Berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menciptakan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada.