Faktor Keunggulan Shopee Bagi Pelaku Usaha Brand Lokal & UMKM

Faktor Keunggulan Shopee Bagi Pelaku Usaha Brand Lokal & UMKM

IST/CE Shopee seringkali alami gangguan (sumber foto by google, 06/02/23)--

 

CURUPEKSPRESS.COM - Tidak dapat dipungkiri peran penjual menjadi salah satu elemen paling penting dalam menciptakan ekosistem e-commerce yang terintegrasi dengan baik. Karena nya, menghadirkan sebuah wadah yang tidak hanya menjadi ruang berjualan.

Namun juga senantiasa mendukung para pelaku usaha brand lokal dan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dan tumbuh bersama menjadi salah satu fokus utama para pemain e-commerce Tanah Air.

Berdasarkan hasil survei terbaru ada tiga manfaat utama yang paling dirasakan oleh mayoritas pelaku usaha brand lokal dan UMKM ketika menggunakan platform marketplace. Yaitu membantu meningkatkan omzet penjualan (84%), memperluas jangkauan pasar (72%), serta membantu menghemat biaya promosi yang dikeluarkan (69%).

BACA JUGA:

Bila dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya, lebih dari setengah responden pada riset Ipsos yang sama menilai Shopee (67%) menempati urutan pertama di benak pelaku usaha brand lokal dan UMKM, diikuti oleh Tokopedia (16%), lalu Lazada (6%).

Dimana menurut para responden yang mayoritasnya merupakan pelaku usaha brand lokal dan UMKM, manfaat yang paling dirasakan oleh seller dari memanfaatkan e-commerce untuk berjualan adalah adanya kampanye tematik (66%), ragam pilihan layanan pengiriman (57%), fitur-fitur interaktif (52%), muncul lebih banyaknya potensi pelanggan (43%), dan berujung pada aspek utama banyaknya promo menarik (95%) yang diberikan oleh marketplace.

Adapun faktor paling menguntungkan yang dirasakan oleh para pelaku usaha brand lokal dan UMKM tersebut, tergantung dengan favorit para pelaku usaha brand lokal dan UMKM itu sendiri.

BACA JUGA:Ini Tampilan Baru Tiktok Sejak Tiktokshop Resmi Dihapus 4 Oktober 2023

Secara rinci, bila dibandingkan antara platform marketplace, lebih dari setengahnya menilai Shopee (62%) sebagai marketplace yang paling banyak menyediakan promo menarik bagi pelanggan, lalu diikuti oleh Tokopedia (16%), lalu Lazada (6%). Sementara untuk aspek kesesuaian produk yang dijual seller, Shopee masih unggul dengan 66%, diikuti dengan Tokopedia (15%), lalu Lazada di posisi terakhir (7%).

Perlu diketahui, Shopee telah menjadi bagian integral dari perkembangan bisnis pelaku usaha brand lokal dan UMKM.

Kemudahan, kelengkapan, dan keuntungan yang dirasakan dari berbagai program yang Shopee tawarkan berhasil memberikan dampak positif nyata pada perkembangan pelaku usaha brand lokal dan UMKM dalam negeri.

Dengan strategi yang tepat dan dukungan yang memadai dari Shopee, pelaku usaha brand lokal dan UMKM Indonesia mendapatkan peluang lebih luas untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Sumber: