Aksi Curanmor Terekam CCTV Masjid Agung, Pelakunya Pemuda Kepahiang

Aksi Curanmor Terekam CCTV Masjid Agung, Pelakunya Pemuda Kepahiang

CURUP, CE - Jamaah Masjid Agung Baitul Makmur pada Jum'at (28/7) kemarin mendadak heboh. Pasalnya, ada pelaku yang berhasil diamankan oleh penjaga masjid saat hendak melakukan pencurian sepeda motor di halaman Masjid Agung kemarin. Penangkapan yang dilakukan tersebut, setelah melakukan pengintaian terhadap gerak-gerik pelaku yang dilihat dari rekaman CCTV.

Penggalan aksi curanmor tersebut, terjadi pada Jum'at (28/7) kemarin sekira pukul 05.00 WIB disaat jamaah sedang melaksanakan sholat subuh dan saat itu ada 5 motor yang terparkir. Saat orang sedang melaksanakan sholat subuh, datanglah seorang pemuda berbaju merah menghampiri motor yang berjejer terparkir dan incaran pelaku saat itu motor jenis Supra X warna merah yang belum diketahui nopolnya.

Namun dalam menjalankan aksinya pelaku belum berhasil mengambil motor calon korbannya. Saat itu diketahui bahwa pemuda tersebut seperti ingin mencongkel kunci motor tersebut, namun belum berhasil keburu orang hampir selesai menjalankan sholat subuh. Karena tidak berhasil menjadikan motor tersebut targetnya, pelaku pun pulang.

Kemudian, pengurus beserta penjaga saat itu melihat rekaman CCTV, alhasil diketahui ada seorang pemuda yang ingin mencuri motor. Sementara itu, penjaga kembali mengintai pelaku yang kembali mencoba aksinya tersebut. Seperti diumpan pelakupun kembali datang ke lokasi Masjid Agung tersebut dan berniat kembali mencuri motor.

Bukan motor yang pertama jadi incaran melainkan motor lain yang kebetulan kemarin ramai dikunjungi karena pada dasarnya adanya kegiatan Harganas. Pelaku tersebut kembali mendatangi lokasi sekira pukul 08.00 WIB. Saat hendak melakukan aksinya, penjaga masjid langsung bergegas cepat menangkap pelaku dan sekira pukul 09.00 WIB, 2 anggota polisi datang dan selanjutnya pemuda tersebut langsung diamankan ke Mapolres Rejang Lebong guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Iya, setelah kami intai pelaku kembali lagi ingin menjalankan aksinya namun keburu kami tangkap karena memang sudah kami umpan," ujar Amran selaku Ketu BKM Masjid Agung Baitul Makmur kepada CE. Terpisah Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK melalui Kasat Reskrim AKP Qhusnul Qomar SH SIK mengatakan pelaku yang berhasil diamankan tersebut diketahui berinisial DA (18) yang merupakan warga Desa Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang.

Pihaknya menjelaskan bahwa pelaku saat ini telah diamankan di Mapolres Rejang Lebong guna melakukan penyidikan lebih lanjut terkait aksinya di halaman Masjid Agung kemarin. "Pelaku sudah kita amankan," tandasnya. (CE5)

Sumber: