Stok Darah Menipis, PMI Berdayakan Pelajar dan Mahasiswa

Stok Darah Menipis, PMI Berdayakan Pelajar dan Mahasiswa

CURUP, CE - Saat ini Palang Merah Indnesia (PMI) Sub Rejang Lebong gencar melakukan donor darah keliling. Pasalnya saat ini stok darah di Rejang Lebong telah menipis, dan wajib terus digencarkan pendonoran. Hal ini disampaikan langsung oleh seketarsi PMI Rejang Lebong Sudirman Haris. Rabu (27/9) kemarin.

"Saat ini stok darah yang dimiliki unit kita di RSUD sudah menipis dan kita lakukan donor untuk terus menyuplai," sampainya. Sudirman menyampaikan, pihaknya saat ini sedang gencar ke Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk merangkul pendonor pemula yang usianya minimal 17 tahun. Dengan jumlah pelajar yang cukup banyak maka bisa membantu memenuhi kebutuhan darah yang diperlukan PMI.

"Kita sudah sejak awal mengajak pelajar untuk donor darah, agar menjadi kebiasaan yang akan terus berjalan regenarasi untuk pendonor darah," katanya.

Dikatakan Sudirman terlebih lagi seseoramg yang sudah memasuki usia 17 tahun saat bagus untuk mendonorkan darah.  "Semakin muda pendonor maka semakin panjang rentan waktunya untuk mendonor," jelasnya. Sudirman kembali menyampaikan saat inipihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah lembaga, kampus dan sekolah – sekolah.

Seperti saat pihaknya melaksanakan kegiatan donor darah di SMAN 1 dan SMAN 2 Rejang Lebong, dengan cukup banyak darah yang didapat, bukan hanya itu saja pihaknya juga telah menyurati sekolah SMA se Kabupaten Rejang Lebong untuk menggelar donor darah begitu juga dengan MAN yang juga ikut dilibatkan dalam kegiatan.

"Semua sekolah SMA, SMK, MAN kita akan sosialiasikan untuk mendonorkan darah mereka," ujarnya. Dengan adanya kegiatan rutin dari donor darah baik lembaga SKPD , sekolah, kampus , masyarakat umum, maka setiap bulannya tidak akan adalah lagi kekurangan darah, karena sudah diketahui pada jadwal untuk meminta mereka mendonorkan ulang. "Ada jadwal yang pernah mendonorkan darah maka kita tidak akan kesulitan kembali," pungkansya. (CE1)

Sumber: