72 Desa dan Kelurahan Belum Miliki PAUD

72 Desa dan Kelurahan Belum Miliki PAUD

CURUP, CE - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, H RA Denni SH MM menyebutkan saat ini ada 72 Desa/Kelurahan yang belum memiliki lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dengan kondisi masih banyaknya Desa atau Kelurahan yang belum memiliki PAUD tersebut, pihaknya berharap kepada Bunda PAUD Kecamatan untuk memfasilitasi pembentukan PAUD untuk 72 Desa/Kelurahan yang tersebar di Kabupaten RL.

"Kita mengharapkan setiap desa atau kelurahan semuanya sudah memiliki PAUD dengan dibantu PAUD Kecamatan sebagai fasilitatornya," ujar Sekda seusai acara pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan kemarin.

Disampaikan Sekda, saat ini sesuai data yang dimiliki pihaknya di Kabupaten RL telah memiliki sebanyak 109 lembaga PAUD dengan program TK, KOBER, TPA dan SPS dengan jumlah siswa/ warga belajar lebih kurang 3.479. Adapun rinciannya 2.833 terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik) sedangkan 646 siswa/ warga belajar belum terdaftar dari lembaga PAUD yang belum memiliki NPSN. Sedangkan untuk jumlah tenaga pendidik PAUD ada sebanyak 654 orang dengan rincian 109 PNS, tenaga honorer sebanyak 545 orang. "Sedangkan untuk jumlah yang telah ada di RL sebanyak 109 PAUD," sampainya.

Di sisi lain, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ny Fitri Hertikasari Hijazi SE dalam sambutannya mengatakan mengatakan bahwa anak usia dini merupakan masa keemasan dan memiliki potensi yang luar biasa. Karena menurutnya, masa ini dimana perkembangan fisik, mental dan spiritualnya mulai terbentuk.

"Oleh sebab itu, pengembangan lembaga PAUD dengan segala fasilitas patut didukung baik dari pemerintah daerah hingga tingkat desa dan kelurahan," katanya. Kemudian pihaknya mengatakan bahwa anak di usia ini rentan mengalami penyimpangan sehingga potensi anak tidak berjalan secara maksimal. Untuk mengantisipasi hal tersebut, seluruh lini harus bekerjasama sehingga anak mampu berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki mulai dari mengembangkan sikapnya dan sebagainya. Karena menurutnya, semua lini harus memberikan perlindungan, perawatan.

"Untuk mengembangkannya, kerjasama dan komitmen baik pemkab dan segala lini perlu bersama-sama dalam mewujudkannya," tandasnya. Hadir dalam acara pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan, Ketua TP PKK RL, Ny Fitri Hertikasari Hijazi SE beserta pengurus, Sekda RL H RA Denni SH MM, Ketua DPRD RL M Ali ST, Kepala OPD, perwakilan PN, PA dan tamu undangan lainnya. (CE5)

Sumber:

72 Desa dan Kelurahan Belum Miliki PAUD

Terkini

Terpopuler

Pilihan