Maret, TWA Bukit Kaba Dibuka

Maret, TWA Bukit Kaba Dibuka

SELUPU REJANG, CE - Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Bukit Kaba yang berada di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang. Pada bulan Maret mendatang rencananya akan kembali dibuka untuk umum.

Kepala KPHK BKSDA Wilayah I Bengkulu sekaligus pengelola TWA Bukit Kaba, Winarsoh kemarin mengatakan bahwa penutupan kawasan TWA Bukit Kaba sejak kurang lebih 2 bulan lalu hingga 28 Februari mendatang karena adanya pemulihan ekosistem di dalam kawasan Bukit Kaba. Oleh sebab itu, kemungkinan besar TWA Bukit Kaba akan dibuka pada Maret mendatang.

"Kita upayakan, TWA Bukit Kaba mulai dibuka untuk umum pada Maret mendatang," ujarnya kepada Curup Ekspress kemarin. Disampaikannya setelah pemulihan ekosistem tersebut, pihaknya juga akan memantau dan melihat langsung terkait masalah ekosistimnya. Menurutnya, jika ekosistim benar-benar pulih maka seyogyanya akan pihaknya buka kembali. Namun jika ternyata ekosistemnya belum pulih maka kemungkinan kembali akan dilakukan upaya pemulihan.

"Untuk dibuka dalam waktu dekat, kita lihat setelah tanggal 28 Februari. Apakah sudah pulih atau belum," sampainya.

Di sisi lain, pasca ditutup sementara sejak 8 Januari lalu seluruh aktivitas pendakian dan camping di TWA Bukit Kaba sama sekali tidak terbuka untuk umum. Menurutnya pemulihan ekosistim tersebut bukan tanpa alasan melainkan karena tinggi angka pendakian sepanjang tahun 2017. Tidak hanya itu, didalam kawasan TWA Bukit Kaba juga sebelumnya banyak aktivitas masyarakat yang menganggu ekosistim.

"Misalnya sepanjang jalan yang dilalui terlihat banyaknya pohon-pohon yang rusak, termasuk banyaknya sampah-sampah di lokasi tersebut. Kemudian jika kawasan tersebut dibuka kembali, kita akan memberikan aturan standarisasi jika ingin masuk ke kawasan TWA Bukit Kaba," tandasnya. (CE5)

Sumber:

Maret, TWA Bukit Kaba Dibuka

Terkini

Terpopuler

Pilihan