Kota Padang Terancam Terisolir, Jembatan Nyaris Putus

Kota Padang Terancam Terisolir, Jembatan Nyaris Putus

CURUP, CE - Kecamatan Kota Padang terancam terisolir. Ini lantaran pondasi jembatan sungai napal yang terletak di Desa Balai Buntar Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) ambruk dihantam banjir bandang di wilayah tersebut pada Rabu (21/2) lalu pukul 17.00 WIB. Adapun untuk memastikan hal tersebut, Rabu (3/1) kemarin Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM langsung melakukan pemantauan ke area tersebut dengan beberapa pihak terkait.

"Rabu kita sudah kesana untuk melihat langsung kondisi pondasi yang ambruk bersama dengan dinas terkait," ujar Wabup usai acara peringatan HUT Damkar kemarin.

Disampaikannya, dengan kondisi yang demikian, pihaknya menyebutkan jika tonase diatas 7 ton justru akan membahayakan dan bisa berpotensi jembatan tersebut bisa putus dan sangat mengkhawatirkan. Bahkan diakuinya, Kecamatan Kota Padang bisa terisolir jika jembatan penghubung tersebut putus.

Oleh sebab itu, pihaknya juga mengkoordinasikannya langsung kepada BPBD Provinsi Bengkulu terkait bencana tersebut.

"Karena ini wilayah Provinsi punya, jadi kita sudah koordinasikan dengan BPBD Provinsi dan rencananya hari ini (kemarin, red) juga pihak BPBD akan langsung memantau ke lokasi," sampainya.

Di sisi lain, pihaknya turut mendesak pihak BPBD Provinsi untuk turun langsung kelokasi dalam rangka melakukan pembenahan terhadap permasalahan tersebut. Sedangkan untuk perbaikan jembatan apakah akan diganti dengan yang baru atau hanya sekedar melakukan pemasangan bronjong, pihaknya mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada pihak BPBD yang secara teknis lebih tahu.

"Tidak bisa kita pungkiri, kalau ini musibah. Namun di samping itu, kita minta ini ditangani secara tepat karena kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan," tandasnya. (CE5)

Sumber: