Ini Penyebab RL Rawan Banjir

Ini Penyebab RL Rawan Banjir

CURUP, CE - Ada beberapa hal yang menyebabkan di Kabupaten Rejang Lebong cukup rawan terhadap bencana banjir. Seperti diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Rejang Lebong, Yusran Fauzi ST bahwa ada tiga penyebab yang menyebabkan terjadinya banjir di beberapa titik di Rejang Lebong.

Dikatakannya bahwa pertama yang memang menjadi penyebabnya adalah pemukiman yang cukup padat. Menurutnya untuk lokasi-lokasi yang memang rawan banjir sendiri sekarang ini rata-rata adalah pada lokasi yang memang padat pemukiman.

"Untuk lokasi yang padat pemukiman ini biasanya seringkali bermasalah di sistem drainasenya, karena memang drainase tersebut tidak mampu lagi untuk menampung aliran air yang memang sangat deras," ungkapnya.

Untuk itu sendiri kedepan pihaknya akan melakukan perencanaan untuk pemgaian pembuangan saluran drainase. Dimana diharapkan dengan pembagian saluran pembuangan drainase ini setidaknya akan menurunkan debit air.

"Sekarang itu kita sednag merancang bagaimana agar saluran drainase ini dapat dibagi saluran pembuangannya untuk mengatasi peluapan," kata Yusran. Selanjutnya yang juga menjadi permasalahan adalah terkait anggaran yang terbatas. Kemudian terakhir termasuk juga permasalahan sampah yang terkadang juga seringkali menyebabkan penyumbatan di saluran drainase sendiri.

"Soal sampah ini sebenarnya juga cukup mmpengaruhi, dan untuk menuntaskan hal ini sendiri kami sudah melakukan koordinsi dengan DLH terkait hal ini," pungkasnya. (CE2)

Sumber:

Ini Penyebab RL Rawan Banjir

Terkini

Terpopuler

Pilihan