Program Sanimas IDB, RL Terbaik Tingkat Nasional

Program Sanimas IDB, RL Terbaik Tingkat Nasional

CURUP, CE - Kabupaten Rejang Lebong menjadi terbaik 3 tingkat nasional dalam program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Islamic Development Bank (IDB). Disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT bahwa raihan tersebut diumumkan langsung oleh Kementerian PUPR, Dirjen Cipta Karya. Menurutnya juga jika capaian tersebut tidak terlepas dari penilaian dari segi kinerja kegiatan baik secara fisik maupun dari segi anggarannya.

Tidak hanya itu, dengan komitmen Pemda mengganggarkan anggaran pendamping 5 persen. "Dari total anggaran yang diperoleh dana hibah Pemkab RL," ujarnya.

Adapun yang menjadi nilai plus pada program Sanimas IDB di Kabupaten RL ini juga karena bersinergi dengan program tanpa kumuh (Kotaku). Bahkan diakuinya, Kepala CPMU Sanimas IDB Ditjen CK juga memberikan apresiasi kepada Pemda RL yang telah melaksanakan program Sanimas IDB yang berkolaborasi dengan Kotaku.

"Malam tadi (kemarin, red) dinobatkannya RL sebagai terbaik 3, seperti disampaikan Pimpro karena Sanimas di RL juga berkolaborasi dengan Kotaku," sampainya.

Sementara itu, pihaknya juga menyebutkan bahwa program Sanimas IDB di RL menjadi terbaik 3 juga tidak terlepas dari dukungan segala pihak. Oleh sebab itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang telah melaksanakan program tersebut dengan baik dan terlebih atas Support Bupati RL, DRPD RL, rekan-rekan pengelola kegiatan di PUPR, pendamping teknis dan pemberdayaan kegiatan.

Kemudian ia juga menyebutkan bahwa penghargaan ini hanya diberikan dalam ruang lingkup program sedangkan penghargaannya berupa tambahan anggaran dan beberapa unit yang RL dapatkan.

"Jika tahun 2017 kita mendapat 11 unit, dan untuk 2018 Insyaallah kita akan 24 unit sedangkan nilai kegiatan ditaksir mencapai 425 juta/ unit. Dengan jumlah tersebut berarti kita mendapat dana hibah sebesar Rp 9 miliar," tandasnya. (CE5)

Sumber: