Moratorium CPNS Belum Dicabut, OPD Berdayakan TKS

Moratorium CPNS Belum Dicabut, OPD Berdayakan TKS

CURUP, CE - Lantaran belum adanya kepastian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau belum dicabutnya Moratorium of Understanding (MoU) dari Kemenpan-RB, saat ini sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih memberdayakan Tenaga Kerja Sukarela (TKS).

"Karena MoU belum cabut oleh Kemenpan RB. Maka sejumlah OPD masih memberdayakan TKS," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (SDM), Khirdes Lapendo Pasju SSTP MSI kemarin.

Disampaikannya untuk saat ini jumlah TKS yang ada di Kabupaten RL dan tersebar dibeberapa OPD mencapai 1669 TKS dengan harapan dapat membantu berjalan program-program di masing-masing OPD. Sedangkan nantinya jika kuota CPNS telah diterima dan dibuka pendaftarannya, pihaknya menyerahkan kewenangan sepenuhnya kepada masing-masing OPD.

"Jikapun nanti ada penerimaan CPNS. Maka semuanya diserahkan kepada OPD masing-masing. Namun alangkah baiknya jika tks tersebut diberdayakan di OPD lain yang memang masih sangat banyak membutuhkan," sampainya.

Sementara itu untuk jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS sendiri belum diketahui pasti kapan. Hanya saja usulan yang diminta ke Kemenpan RB sudah pihaknya usulkan dan kuota yang akan diterima juga belum diketahui. Sedangkan pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak terjebak dengan pemberitaan yang saat ini berkembang bahwa kuota CPNS telah keluar dan pembukaan CPNS telah dibuka.

"Kalau usulan kebutuhan CPNS memang sudah kita usulkan. Namun kuota yang diakomodir kita belum tahu. Jikapun nanti kepastian CPNS ada, pengumumannya akan diumumkan secara resmi dengan pemberitahuan resmi dari pusat kepada BKPSDM RL," tandasnya. (CE5)

Sumber: