Tari Gemu Famire Pecahkan Rekor MURI

Tari Gemu Famire Pecahkan Rekor MURI

CURUP, CE - Memperingati hari ulang tahun (HUT) Tentara Negara Indonesia yang ke 73, Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/RL menggelar tari gemu famire yang dipusatkan di lapangan Pandawa pada Selasa (4/9) pagi. Kegiatan tari gemu famire sekaligus memecahkan rekor MURI tersebut dilaksanakan serentak TNI seluruh Indonesia.

Pantauan CE di lokasi, ada ratusan peserta yang terlibat dalam pemecahan rekor MURI tersebut. Selain Prajurit TNI dan Keluarga. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh anggota Polri, anak sekolah maupun elemen masyarakat yang ikut hadir dan menari bersama dalam tari gemu famire tersebut.

Dandim 0409/RL, Letkol Kav Budi Wirman S Sos melalui Kav Sumardi mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan Kodim 0409/RL kemarin merupakan kegiatan yang juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Menurutnya khususnya di RL ada ratusan peserta yang ikut hadir dalam kegiatan pemecahan rekor MURI tersebut.

"Untuk pesertanya ada kurang lebih 800-an peserta. Yang terdiri dari berbagai unsur. Diantaranya ada anggota Polri, anak sekolah, Brimob, Denzibang maupun elemen masyarakat," ujarnya sesuai pemecahan rekor MURI di lapangan Pandawa kemarin.

Disampaikannya bahwa melalui kegiatan tari gemu famire ini juga, pihaknya berharap adanya sinergitas yang baik antara TNI dengan masyarakat, anak sekolah, instansi dan elemen masyarakat. Terutama sinergitas TNI dan Polri dalam rangka mempertahankan dan pengamanan terhadap negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

"Kita berharap sinergitas kita tetap kompak. Dan untuk kegiatan ini kita harap dilaksanakan secara rutin lagi kedepannya," sampainya.

Untuk diketahui bahwa Gemu Famire atau dikenal juga dengan nama Maumere adalah sebuah lagu daerah dari Nusa Tenggara Timur yang diciptakan oleh Frans Cornelis Dian Bunda alias Nyong Franco pada tahun 2011. "Melalui tarian gemu famire mudah-mudahan menjadi tarian yang mempersatukan keberagaman dan kebudayaan khususnya bagi bangsa Indonesia," tandasnya. (CE5)

Sumber:

Tari Gemu Famire Pecahkan Rekor MURI

Terkini

Terpopuler

Pilihan