KPU Rejang Lebong Dapat 3.220 Bilik Suara

KPU Rejang Lebong Dapat 3.220 Bilik Suara

 

CURUP, CE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong dalam waktu dekat bakal menerima logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Untuk tahap awal, logistik yang bakal diterima berupa 3220 bilik suara.

Ketua KPU Kabupaten Rejang Lebong, Drs Restu S Wibowo mengatakan bahwa bilik suara yang bakal diterima masih dalam bentuk pack dan belum seperti bentuk bilik. Menurutnya, logistik berupa bilik suara sendiri akan ditempatkan di lapangan tenis Indoor yang beralamatkan di jalan S Sukowati Curup.

"Karena jumlah logistik cukup banyak, jadi tempat yang akan kita gunakan juga harus besar. Lapangan tenis Indoor juga dinilai tempat yang bagus," ujarnya disela-sela kegiatan Rakor Penyempurnaan DPTHP 1 di Aula Hotel Mutiara kemarin.

Disampaikannya, bahwa jumlah TPS sendiri di Kabupaten Rejang Lebong berjumlah 805. Yang masing-masing TPS nantinya akan memperoleh 4 bilik suara. Menurut Restu, informasi terakhir bahwa bilik suara khususnya untuk Kabupaten Rejang Lebong belum tahu kapan akan diberangkatkan.

"Sesuai jadwal seharusnya logistik untuk KPU sudah berjalan. Namun informasi terakhir belum bergerak, belum tahu apa kendalanya," sampainya.

Disisi lain, bilik yang bakal diterima bukan berbahan alumunium namun bilik yang bakal diterima berbahan kartu kertas seperti yang disampaikan sebelumnya. Sedangkan menurut Restu, untuk logistik lainnya berupa kotak suara kemungkinan belum disalurkan ke daerah.

"Nantinya seluruh logistik akan ditempatkan di lapangan tenis indoor dan kita sudah melakukan MoU terkait tempat penyimpanan logistik," katanya.

Di sisi lain Restu mengatakan bahwa untuk bilik dan kotak suara berbahan alumunium yang saat ini berada di Sekretariat KPU Kabupaten Rejang Lebong tidak akan digunakan pada Pemilu 2019 mendatang. Sedangkan untuk yang lama rencananya nanti akan dilelang oleh pihak sekretariat. "Untuk mekanisme lelangnya nanti, sepenuhnya kita serahkan kepada sekretariat," ujarnya.

Sementara itu KPU Kabupaten Rejang Lebong saat ini tengah melakukan proses penyempurnaan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) pada Pemilu 2019. Kegiatan yang dipusatkan di aula Hotel Mutiara kemarin melibatkan PPK dan PPS di 15 Kecamatan yang ada di Rejang Lebong.

"Kegiatan ini juga merupakan persiapan sebelum dilakukan Pleno yang akan dilaksanakan dari tingkat PPS dan tidak masalah di kemudian hari lagi," tuturnya.

Bukan hanya itu, Restu juga berharap khususnya kepada Bawaslu dan Parpol untuk memberikan saran terkait DPT terlebih masih ditemukannya data ganda dalam DPT sehingga bisa diselesaikan. Restu juga menyampaikan bahwa jumlah DPT di Rejang Lebong berpotensi bertambah dari jumlah DPTHP sebelumnya 199.213.

"Termasuk perubahan dengan adanya GMHP Mobile yang kita lakukan sebelumnya," tandasnya. (CE5)

Sumber:

KPU Rejang Lebong Dapat 3.220 Bilik Suara

Terkini

Terpopuler

Pilihan