KPU Launching Rumah Pintar Pemilu

KPU Launching Rumah Pintar Pemilu

CURUP, CE - Ditandai pemotongan pita, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong Drs Restu S Wibowo didampingi komisioner KPU dan bagian Sekretariat KPU secara resmi melaunching rumah pintar pemilu (RPP) pada Sabtu (3/11) kemarin. Menurut Restu, RPP sendiri menjadi salah satu sarana bagi masyarakat dalam memperoleh informasi dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pemilu.

"Kita berharap RPP yang resmi kita launching hari ini (kemarin, red), dapat menambah pengetahuan masyarakat terkait informasi kepemiluan," ujarnya kepada wartawan.

Disampaikan Restu bahwa RPP sendiri dipusatkan di Sekretariat KPU yang beralamatkan di jalan Basuki Rahmat Kelurahan Dwi Tunggal. Menurutnya, di dalam rumah pintar pemilu bakal ada banyak hal yang dapat ditemui dalam rangka mengedukasi masyarakat dalam kepemiluan. Mulai dari sejarah pemilu, pustaka demokrasi, partai politik peserta pemilu bahkan hingga miniatur yang menggambarkan tentang pelaksanaan pemungutan suara termasuk data-data informasi yang lainnya termasuk contoh surat suara dan sebagainya.

"Semuanya bisa ditemui disini, bahkan kita membuka ruang kepada siapapun baik itu mahasiswa, pelajar maupun masyarakat umum juga bisa mengunjungi rumah pintar pemilu ini. Bahkan jika ada yang ingin bertanya seputar kepemiluan, nanti kita siapkan petugasnya untuk mendampingi," sampainya.

Tidak hanya itu, Restu juga menyampaikan bahwa selain dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Namun lebih dari itu, Restu juga ingin memberikan pemahaman kepada kalangan pemilih pemula yang ada di Rejang Lebong.

"Dengan tahunya pemilih pemula tentang pemilu, mudah-mudahan pada pemilu 2019 mendatang partisipasi mata pilih meningkat," katanya.

Di sisi lain Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara, Faham Syah MPd I mengatakan bahwa selain melaunching rumah pintar pemilu, dihari yang sama pihaknya juga menggelar kursus kepemiluan yang melibatkan organisasi kepemudaan (okp) yang ada di Rejang Lebong. Menurutnya kursus kepemudaan sendiri, khususnya untuk peserta dapat dengan mudah memahami segala hal yang berkaitan dengan pemilu. Bukan hanya itu, peserta dapat menjadi agen sosialisasi pada pemilu 2019 mendatang.

"Setelah kegiatan kursus ini, kita berharap peserta juga dapat mensosialisasikan pentingnya pemilu sehingga partisipasi pemilih pada pemilu 2019 mendatang meningkat terutama pada pemilih pemula," tandasnya. (CE5)

Sumber:

KPU Launching Rumah Pintar Pemilu

Terkini

Terpopuler

Pilihan