Akreditasi RSUD Curup Masih Proses

Akreditasi RSUD Curup Masih Proses

CURUP, CE - Proses sertifikasi akreditasi RSUD Curup, saat ini masih dalam proses. Adapun akreditasi rumah sakit sangat penting diraih sebagai bentuk pengakuan yang diberikan kepada RSUD oleh pemerintah atau badan yang berwenang karena rumah sakit telah memenuhi standar yang ditentukan. Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, pihaknya tengah melakukan proses untuk mengantongi akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan Kemenkes. Hal ini disampaikan Direktur RSUD Curup, drg. Asep Setia Budiman.

"Saat ini pihak kami tengah dalam persiapan dan proses untuk mengurus sertifikasi Akreditasi RSUD ini," ujarnya.

Untuk memenuhi standar mutu pelayanan rumah sakit dan keselamatan pasien pihaknya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dan juga untuk perawat, bidan, dan manajemen diberi pelatihan secara intensif, mulai dari keamanan dan keselamatan pasien, manajemen pelayanan, pencegahan dan pengendalian infekasi serta manajemen fasilitas," jelasnya.

Ditambahkan drg. Asep, pihaknya juga sudah mendapat bimbingan akreditasi SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit) dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Setelah bimbingan itu, akan masuk tahapan survey simulasi dan tahap akhir baru penilaian. "Sekitar tanggal 17 ini akan ada survey simulasi dan tim akan memberitahukan apa – apa kekurangan yang harus disiapkan untuk mencapai penilaian yang sempurna, sehingga sertifikat akreditasi RSUD bisa dikeluarkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan Kemenkes," sampainya.

Lebih lanjut, Direktur RSUD Curup, Asep Setia Budiman menyampaikan, untuk persiapan proses akreditasi rumah sakit tersebut. Pihaknya juga membentuk duta anti rokok guna mencegah adanya keluarga pasien atau pengunjung yang merokok di area rumah sakit setempat.

"Selain persiapan SDM, pelayanan lain. Kita juga membentuk duta anti rokok guna mencegah adanya keluarga pasien atau pengunjung yang merokok di area rumah sakit setempat," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya sangat optimis RSUD Curup bisa lulus akreditasi pada survei yang dilakukan KARS. "Dalam penilaian akreditasi nanti, saya harap bisa mendapatkan nilai terbaik," tandasnya.(CW1)

Sumber:

Akreditasi RSUD Curup Masih Proses

Terkini

Terpopuler

Pilihan