64 Lulusan SMA Sederajat Dapat Beasiswa

64 Lulusan SMA Sederajat Dapat Beasiswa

CURUP, CE - Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong pada tahun 2018 ini menyalurkan beasiswa kepada 64 pelajar tamatan SMA sederajat. Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memangberprestas sesuai dengan Perbup yang telah ada."Jika yang daftar sebelumnya ada 89 orang, namun yang lolos dari verifikasi yakni 64," sampai Kadis Dikbud Rejang Lebong, T Samuji SPd melalui Kabid Pembinaan SMP, Hanapi MPd kemarin.

Hanapi menyampaikan, seluruh total anggaran untuk siswa berprestasi tersebut kurang lebih pada angka Rp 800 juta, yang mana saat ini baru terpakai hingga Rp 600 juta. "Beasiswa sendiri diberikan selama satu tahun dan dua semester di universitas mana saja, dengan ketentuan siswa tersebut sendiri masuk dalam jalur undangan. Misalnya Universitas Bengkulu per semesternya Rp 5 juta, maka kita bayarkan Rp 10 juta," katanya.

Beasiswa ini sendiri tidak memandang mereka kaya atau miskin, namun jika mereka berprestasi dan mendaftar maka mereka berhak mendapat, baik itu universitas negeri ataupun swasta. Namun ketentuan sendiri sesuai dengan perbup yang ada mereka sendiri tidak dapat diberikan dua tahun, hanya tahun pertama saja. "Jadi mereka yang sudah dapat tahun lalu, tidak lagi kita berikan, dan IPK sendiri yang dapat ini harus 3,70," terangnya.

Dengan itu pada tahun 2019 sendiri pihaknya telah mengajukan Rp 1 miliar untuk dana tersebut, dan sejauh ini dalam KUA PPAS sendiri tidak ada coretan, dengan itu maka pihaknya minta kepada siswa dan siswi SMK dan SMA bisa memanfaatkan bantuan ini, yang ini sendiri adalah bentuk keseriusan yang diberikan pemerintah untuk memajukan pendidikan sampai dengan perkuliahan. "Jadi silahkan belajar serius lalu, lanjutkan sekolah anda ke jenjang yang lebih tinggi," tandasnya. (CE1)

Sumber:

64 Lulusan SMA Sederajat Dapat Beasiswa

Terkini

Terpopuler

Pilihan