DPMD Siapkan Rp 30 Juta, Reward Juara Lomba Desa

DPMD Siapkan Rp 30 Juta,  Reward Juara Lomba Desa

Bobby Harpa Santana

CURUP, CE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, menyiapkan reward dengan total Rp 30 Juta. Dimana reward tersebut peruntukkannya untuk para juara lomba Desa yang saat ini sudah berlangsung hingga 2 bulan. Pengumuman lomba desa sendiri, akan diumumkan pada Selasa (30/4).

"Iya memang akhir bulan ini, karena berhubungan kita belum melakukan pemaparan dengan Bupati. Sehingga, SK yang juara belum bisa diumumkan. Akan tetapi bagi 3 perwakilan baik di tingkat desa maupun kota. Selain itu, bagi desa maupun kelurahan yang menang akan diusulkan ke tingkat provinsi. Dan juga mendapat reward semuanya sekitar Rp 30 juta. Masing-masing baik dari desa maupun yang juara di kelurahan mendapat piala dan uang pembinaan," ujar Plt Kadis PMD Rejang Lebong Achmed Chalid melalui Kabid kelembagaan masyarakat sosial budaya dan pemerintahan desa, Bobby Harpa Santana kepada CE.
Lebih lanjut, Bobby menyampaikan desa yang mendapatkan reward tersebut merupakan desa terbaik yang bisa dicontohkan oleh pihak desa lainnya.

"Sebelumnya dari tingkat kecamatan, nah orang kecamatan milih desa yang bisa ikut kompetensi di tingkat kabupaten ini. Mengenai kriteria yang pertama bentuk administrasinya yang lengkap, peningkatan kedisiplinan, kehadiran, dan kinerja mereka untuk mengelola desa, sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Serta tujuan ini salah satunya yang tercatum di modul " jelasnya.Sementara itu, Bobby mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk evaluasi perkembangan berdasarkan atas data dengan menggunakan instrumen pemantauan serta instrumen pengungkap dana dan nilai perkembangan desa dan kelurahan. "Berdasarkan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Pada pasal 31 ayat 2 bahwa peserta perlombaan desa dan kelurahan tingkat kabupaten adalah desa dan kelurahan cepat berkembang dan berkembang yang berada disatu wilayah kabupaten atau kota,Selain itu, Bobby mengatakan pihaknya berharap desa maupun kelurahan yang diusulkan di tingkat provinsi bisa memberikan yang terbaik lagi untuk kabupaten Rejang Lebong."Nanti dari reward tersebut desa yang mendapat juara bisa melakukan study banding di beberapa kabupaten yang mendapatkan juara di tingkat provinsi. Semoga, desa maupun kelurahan yang ada di rejang lebong tidak hanya lulus ditingkat kabupaten saja, tapi juga tingkat provinsi," pungkasnya. (CW2)

Sumber: