Puluhan Kuota Tambahan Haji Dikembalikan

Puluhan Kuota Tambahan Haji Dikembalikan

Bustasar
Ilustrasi

BENGKULU, CE - Puluhan kuota tambahan haji tahun ini terpaksa dikembalikan ke pusat oleh Kementrian Agama Provinsi Bengkulu.
Dikatakan Kepala Kemenag Provinsi Bengkulu, Bustasar bahwa hal ini dikarenakan mereka yang masuk ke dalam daftar kuota tambahan tidak mampu melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). "Ada 27 kuota tambahan haki yang kita kembalikan le pusat karena tidak mampu melakukan pembayaran BPIH," sampainya.

Dikatakannya bahwa 27 CJH yang membatalkan keberangkatan itu alasannya semuanya seragam. Yakni karena keberatan dengan dibebankannya biaya pemberangkatan dari Bengkulu ke Embarkasi Haji Padang yang ditanggung oleh masing-masing calon jemaah.
Sementara itu, Bustasar mengatakan bahwa pelunasan BPIH untuk kuota tambahan sudah ditutup sejak 30 Mei 2019 lalu. Kanwil Kemenag pun telah jemput bola dengan mendatangi dan menghubungi jemaah bersangkutan untuk melakukan pelunasan, namun masih ada puluhan CJH yang belum memenuhi pelunasan. "Sebenarnya kita cukup kecewa karena penambahan kuota ini harus dikembalikan ke pusat. Karena cukup merugikan dan untuk mendapatkan kuota lagi sangat sulit," ujarnya.Lebih jauh ia mengatakan bahwa tambahan kuota ini sebenarnya cukup membantu pemberangkatan. Pasalnya, masih banyak jemaah lain yang bersedia untuk melunasi. "Sebenarnya yang bersedia melunasi ada, namun sayangnya, teknis dan sistemnya terpusat dan tersistem sehingga tidak bisa dialihkan ke jemaah lain," pungkasnya. (CE2)

Sumber: