Anggaran 2021 Diprediksi Kembali Direfocusing

Anggaran 2021 Diprediksi Kembali Direfocusing

LEBONG, CE - Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran (TA) 2020 Kabupaten Lebong, telah terjadi refocusing untuk penanganan Covid-19. Tak berbeda halnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih menyebar di berbagai daerah. Dimana, pencairan anggaran DAK di tahun 2021 mendatang diperkirakan masih akan terjadi refocusing untuk Covid-19. Hanya saja, untuk pembagian pembangunan dan segala macam yang memang menjadi prioritas akan dilanjutkan di Kabupaten Lebong ini.
Dikonfirmasi wartawan, Plt Kepala Bappeda Lebong Robert Mantovani melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Partono menjelaskan, pada tahun 2021 saat ini sudah mulai proses penginputan, mulai tanggal 3 Juni hingga 30 Juli mendatang sebagai hari terakhir penginputan tersebut. Untuk Covid-19 DAK masih di fokuskan dan diprioritaskan seperti kesehatan dan penanganan Covid-19. Akan tetapi, ada juga DAK yang dibagi untuk pembangunan dan segala macam dibutuhkan tahun depan.
"Ada beberapa diprioritas terutama di bidang kesehatan itu di fokuskan untuk penanganan Covid-19. Karena tema RKP Pusat 2021 yaitu, pemulihan ekonomi dan reformasi kesejahteraan sosial, jadi DAKnya jalannya kesana. Kalau fisik itu menuju jalan lahan masyarakat, seperti pertanian, kemudian infrastruktur penunjang perekonomian, tempat pariwisata dan jalan usaha tani, itu yang menjadi prioritas tahun depan," jelasnya.
Sementara itu untuk persentase itu tidak ada batasan dari pusat dan kelengkapan data saat ini sudah mencapai 75 persen serta per 30 Juli terakhir ditargetka sudah finis 100 persen tahap perlengkapan. Selanjutnya akan diverifikasi oleh Provinsi Bengkulu untuk data tersebut.
"DAK tetap ada, tapi semuanya itu untuk pemulihan ekonomi. Jadi harapan kita, ketika anggaran refocusing sudah relevan, sudah cocok dengan ripkes kreterianya di teruskan dan dialihkan ke pusat," tandasnya. (CE4)

Sumber: