36 Mahasiswa Nikmati Beasiswa

36 Mahasiswa Nikmati Beasiswa

LEBONG, CE - Beasiswa gratis yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong sejak tahun 2018 hingga tahun 2020. Tercatat sebanyak 36 orang sudah menikmati fasilitas beasiswa tersebut.
Dikatakan Plt Kepala BKPSDM Lebong, Sumiati Sp melalui Kepala Sub Bidang (Kasubdit) Diklat Wince Damayanti SKom bahwa, pemberian beasiswa pada tahun 2018 yang lalu sebanyak 8 orang dengan rincian 3 orang di UNIB, 2 di UNSRI, 2 orang di IPB dan 1 orang di IAIN Curup dan pada tahun 2019 kemarin sebanyak 20 orang dengan rinciannya yakni 1 orang di ITB, 2 orang di IPB, 2 orang di UNP, 10 orang di UNIB dan 5 orang di IAIN Curup.
"Untuk tahun 2018 dan 2019, kuota pemberian beasiswa sebanyak 28 orang," ungkapnya.

Adapun untuk tahun tersebut pihaknya cuma membayar uang pendidikan yang namanya UKT saja, tetapi ditahun 2020 ini karena pihaknya sudah menjadi badan layanan umum jadi setiap masing-masing universitas tersebut mereka punya istilah uang bangunan jadi uang bangunan itu tersendiri. Seperti di UGM itu ada namanya kontribusi subsidi silang (KSS), untuk saat ini pihaknya yang menanggung biaya tersebut.
"Itu bedanya antara pada tahun 2018, 2019 dan tahun 2020, bedanya di segi biaya," ungkapnya.

Lebih jauh dirinya menyampaikan melalui Beasiswa gratis, Pememrintah Kabupaten (Pemkab) Lebong akan membiayai sebanyak 8 orang siswa yang berprestasi, untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke universitas yang sebelumnya telah menjalin kerjasama. Awalnya untuk beasiswa kuliah gratis sendiri dperuntukan bagi 15 orang siswa berprestasi. Akan tetapi karena anggarannya tidak mencukupi, maka untuk tahun ini (2020) hanya memberikan beasiswa kepada 8 orang siswa. Adapun ke 8 orang siswa yang akan kuliah melalui program beasiswa gratis dari Pemkab Lebong yaitu 3 orang di Universitas Gajah Madha (UGM), 1 orang di Institut Teknik Bogor (ITB) dan 4 orang di Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sekolah Tinggi Transportasi darat (PTDI STTD).
"Untuk UGM dan IPB sudah selesai mengikuti tes, namun terkhusus untuk 4 orang yang akan kuliah di PTDI STTD, saat ini masih belum diketahui apakah mereka semuanya lolos atau tidak. Hal ini dikarenakan ke 4 orang siswa masih mengikuti rangkaian tes yang ada. Mereotal 5 tes yang harus diikuti," tandasnya. (CE4)

Klik Juga Icon Medsos CE Dibawah Ini:

Sumber: