Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Usulkan BLK

Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Usulkan BLK

CE ONLINE - Guna menekan angka pengangguran, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebong mengusulkan adanya pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Lebong, Januar Pribadi, S.Sos mengatakan bahwa permintaan pembangunan sarana BLK itu sudah berapa kali diusulkan pada tahun anggaran 2020. Meskipun demikian, ditahun 2021 ini pihaknya akan mengajukan lagi untuk diporsikan pembangunannya nantinya akan disampaikan ke Bappeda Lebong.
"Usulannya sedang kita susun, dalam waktu dekat ini usulan ini akan kita sampaikan kepada Bappeda Lebong. Mudah-mudahan saja usulan ini bisa diakomodir untuk kegiatan tahun 2021 mendatang," ungkapnya.

Lebih lanjut Januari mengatakan dengan adanya BLK maka akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki keterampilan kerja, dan dapat menciptakan peluang usaha lainnya.
"Dengan di usulkannya BLK ini kan nantinya akan memberikan pelatihan kepada masyarakat sehingga memperoleh keterampilan, produktif, dan memiliki etos kerja, karena di BLK ini lebih mengutamakan praktek dari pada teori," ujarnya.

Selanjutnya BLK dibentuk bertujuan untuk memfasilitasi pemuda maupun pemudi dalam meningkatkan kompetensinya, sehingga yang belum mendapat pekerjaan bisa dilatih untuk menambah ilmu keterampilan yang dimiliki.
"Tujuan juga dibentuknya BLK ini untuk meningkatkan sumber daya manusia. Dampak positifnya tentunya akan mengurangi angka pengangguran didaerah Lebong," katanya.

Namun terkait hal itu Pemkab harus menyediakan tempat seperti membangun gedungnya, dan kalau sudah tersedia pemerintah pusat akan fasilitasi.
"Bangun dulu baru kita minta dukungan, artinya harus ada kobtribusi dari daerah dulu," Katanya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: