Desa/Kelurahan Percontohan Donor Darah Bertambah

Desa/Kelurahan Percontohan Donor Darah Bertambah

CE ONLINE - Desa percontohan donor darah di Kabupaten Rejang Lebong bertambah. Dikatakan Relawan Komandan Sibat Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Rejang Lebong, Mardiani menyebut ada dua penambahan, yakni Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan dan Kelurahan Pasar Padang Ulak Tanding. Dengan penambahan tersebut, maka total desa/kelurahan percontohan donor darah menjadi 3.
"Saat ini sudah ada beberapa desa juga kelurahan baru yang layak dijadikan sebagai tempat percontohan donor darah di Rejang Lebong," kata Mardiani kepada wartawan kemarin (3/7).

Dikatakan Mardiani, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah desa atau kelurahan agar dapat disebut sebagai tempat percontohan donor darah. Diantara kriteria itu sebuah desa atau kelurahan menyelenggarakan kegiatan donor darah atas keinginan sendiri secara sukarela dan rutin.
"Mereka melakukannya tanpa ada paksaan dari pihak lain. Kemudian juga jangan lupa agar selalu berkoordinasi dengan pihak UDD PMI," sampainya.

Berkaitan dengan hal itu, adapun sejumlah syarat yang wajib diketahui oleh para pendonor yang hendak mendonorkan darahnya. Sejumlah syarat tersebut yakni usia pendonor minimal 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, memiliki berat badan 45 kilogram, tidak mempunyai riwayat penyakit menular, bagi perempuan tidak sedang haid, hamil serta tidak sedang menyusui.
"Untuk riwayat penyakit menular seperti types sipilis dan HIV aids. Tapi untuk sekarang tidak bisa sembarangan melakukan pendonoran, karena banyak masyarakat yang baru divaksin. Kecuali jika memang mendesak minimal 14 hari setelah vaksin baru bisa mendonorkan darahnya," ungkapnya.

Di sisi lain pihaknya juga menjelaskan bahwa, ada berbagai upaya yang dilakukan agar stok darah di UDD PMI tidak habis. Upaya yang dilakukan seperti mendatangi desa percontohan untuk meminta donor darah dan menghubungi kontak para relawan yang memang siap kapanpun.
"Karena antusias warga di desa percontohan begitu besar, jadi tim UDD bisa menjemput ke lokasi untuk mengambil darah dan mereka selalu stand by," tandasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: