Pelaku Usaha Diajak Investasi Pada Sektor UMKM

Pelaku Usaha Diajak Investasi Pada Sektor UMKM

CURUP EKSPRESS ONLINE - Pelaku usaha dan investor yang ada di Provinsi Bengkuli diajak untuk berinvestasi pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Bengkulu. Mengingat investasi sangat berdampak positif bagi pergerakan ekonomi lokal dan akan sangat tahan dengan berbagai macam guncangan atau persoalan stagnansi ekonomi.

Dikatakan Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah, pemerintah sendiri telah memberi kemudahan dalam melakukan investasi diantaranya melalui Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Online Single Submission (OSS).
"Dari sisi pemerintah sendiri harus mampu menyajikan potensi investasi baik dalam bentuk data termasuk kondisi lapangan," ungkapnya.

Bukan hanya itu, namun disebutkan Gubernur kemudahan sistem yang dibangun juga dengan perangkatnya. Dimana, pemerintah telah mengeluarkan online Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA) yang terkoneksi dengan detail tata ruang.
"Termasuk evaluasi secara berkelanjutan, jika ada sendatan atau berjalan kurang baik, secara otomatis akan terevaluasi dengan sendirinya," ungkap Gubernur.

Menurut Gubernur, ada beberapa potensi diantaranya adalah kopi robusta Bengkulu yang pernah meraih penghargaan Agency for the Valorization of the Agricultural Product (AVPA) yang di gelar di Paris, Prancis. Disamping itu, Bengkulu juga memiliki potensi energi geothermal yang merupakan sumber energi baru dan terbarukan yang kedepan dapat menggantikan penggunaa energi fosil.
"Potensi investasi kita sangat banyak, sektor perkopian, pengolahan turunan CPO, sektor perikanan ada tambak, perikanan tangkap dan sebagainya, termasuk di industri kreatif juga banyak terkait dengan pengembangan kain Basurek, kesenian disamping investasi padat modal seperti energi dan kelistrikan,"pungkasnya.

Terpisah Kepala DPMPTSP Provinsi Bengkulu, Karmawanto, menjelaskan minat pelaku usaha untuk berinvestasi di Provinsi Bengkulu menunjukan tren yang positif. Sektor paling tinggi yang menyumbang realisasi investasi tertinggi adalah Listrik, Gas dan Air, disusul sektor konstruksi dan perkebunan.
"Berdasarkan hasil rilis BKPM RI grafik investasi di Provinsi Bengkulu cenderung meningkat dimana di tahun 2020 nilai investasi mencapai 8,1 triliun meningkat 6,6 persen dari tahun 2019 yakni 7,8 triliun," singkatnya.(CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: