Desa Wisata Tingkatkan Pendapatan Daerah

Desa Wisata Tingkatkan Pendapatan Daerah

CURUP EKSPRESS ONLINE - Dengan pengembangan desa wisata diyakini memberikan dampak terhadap peningkatan daerah. Ini sebagaimana diungkapkan Anggota Komisi X DPR RI, Hj. Dewi Coryati M.Si, Selasa (26/10) kemarin.
"Di Provinsi Bengkulu ini memiliki lebih dari 200 desa wisata, sehingga keberadaan desa-desa wisata itu bisa menjadi potensi ekonomi yang luar biasa. Baik terhadap keluarga dan masyarakat pada desa wisata tersebut, bahkan juga daerah," sampainya.

Ia berpendapat, pengembangan desa wisata agar potensi lain juga bisa dimaksimalkan, tentunya dibutuhkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang memadai. Makanya kegiatan seperti Bimtek diharapkan dapat meningkatkan SDM yang mengelola desa wisata.
"Melalui Bimtek tentang Desa Wisata kita berharap ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan, dan ditularkan pada yang lainnya," harap Dewi.

Terpisah Sekretaris Kemenparekraf RI, Dra. Ni Wayan Giri Adnyani M.Sc CHE mengatakan, upaya pengembangan desa wisata tentunya harus diawali dengan ketersediaan Sumberdaya Manusia (SDM) yang memadai, karena itu merupakan modal yang sangat penting.
"Apalagi dalam pengelolaan desa wisata itu benar-benar membutuhkan yang namanya pengetahuan tetang kepariwisataan," katanya.

Lebih jauh dikatakannya, salah satu poin penting dalam pengembangan pariwisata, terutama desa wisata yakni pemasaran. Dalam pemasaran ini saja perlu metode dan pasar mana yang dijadikan sasaran masing-masing desa.
"Jadi dalam pemasaran ini, masing-masing desa wisata harus memiliki strategi. Strategi yang bisa dieksplor yakni keunikan, karena desa wisata pasti memiliki keunikan sendiri," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: