Capaian Vaksin Masih Rendah

Capaian Vaksin Masih Rendah

CURUP EKSPESS ONLINE - Sementara itu, Satgas Covid-19 saat ini tengah gencar melakukan vaksinasi seluruh puskesmas di wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Hal itu guna untuk mencapai target vaksin yang masih jauh dari capaian saat ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir, SKM melalui Kasi Surveilans dan Imunisasi, Dewi Rachmawati Yunita, SKM ketika dikonfirmasi jurnalis, Minggu (26/10) kemarin.
"Saat ini kita sedang gencar dan fokus untuk vaksinasi di 21 puskesmas yang ada. Itu kita lakukan untuk mempercepat capaian target daerah kita yang masih jauh. Tapi disamping itu pelayanan kepada pasien yang butuh pengobatan dan perawatan di puskesmas itu juga tidak kita kesampingkan, artinya tetap kita layani seperti biasa," sampainya.

Dikatakan Dewi, bahkan vaksinasi tidak hanya di pusat layanan kesehatan saja tetapi juga merambah hingga ke desa-desa, kelurahan dan sekolah-sekolah.
"Tidak hanya di berpusat di puskesmas saja, kita juga gencar sampai ke desa-desa maupun kelurahan serta sekolah-sekolah SMA dan SMP. Dimana anak atau pelajar usia mulai 12 tahun sudah bisa divaksin," katanya.

Menurutnya, tim vaksinator sudah dibentuk menjadi dua tim di setiap puskesmas. Tim yang pertama fokus pada pelayanan vaksin di puskesmas, kemudian tim kedua melayani vaksin ke lapangan (desa, kelurahan dan sekolah).
"Jadi tim vaksinator dibentuk menjadi dua tim untuk percepatan program ini ," ucapnya.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, bahwa saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong tidak kekurangan persediaan vaksin. Justru stok vaksin yang tersedia kini banyak.
"Kalau untuk sekarang ketersediaan vaksin kita banyak, bahkan tanggal 19 pekan lalu kita dapat tambahan dari provinsi sebanyak 20 ribu dosis vaksin. Berbeda dengan waktu itu, dimana stok vaksin kita sedikit dan cepat habis," ujarnya.

Dengan demikian pihaknya berharap disamping angka kasus Covid 19 menurun, juga capaian vaksin yang kini tengah gencar pihaknya lakukan bisa lebih maksimal.
"Kita juga sedang mengejar, karena ini sudah akhir tahun dan hanya tersisa kurang lebih dua bulan lagi. Jadi semoga saja bisa kita kejar semaksimal mungkin," pungkasnya.

Terakhir dirinya menambahkan, pada tanggal 28 Oktober mendatang akan melakukan vaksinasi secara massal yang bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Rejang Lebong. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: