Pelindo Fokus Perkuat Kawasan Industri

Pelindo Fokus Perkuat Kawasan Industri

CURUP EKSPRESS ONLINE - Guna memenuhi syarat status kawasan ekonomi khusus (KEK) di wilayah Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, PT. Pelindo II cabang Bengkulu terus berfokus pada penguatan kawasan industri. Ini sebagaimana diungkapkan Deputi General Manajer PT Pelindo II Cabang Bengkulu Cecep Taswandi, Kamis (28/10) kemarin.
"Saat ini kita masih memfokuskan pada penguatan kawasan industri untuk mewujudkan KEK Pelabuhan Pulau Baai," ungkapnya.

Cecep mengatakan, penguatan kawasan industri ini juga turut menjadi syarat terbentuknya KEK di Bengkulu.
"Usulan masih tetap berjalan, tetapi kita masih memfokuskan membuat kawasan industri di beberapa lokasi pelabuhan yang sedang dibangun pabrik-pabrik yang nantinya penunjang syarat KEK" sampainya.

Ia berpendapat, saat ini pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 408 hektare untuk KEK Bengkulu. Namun dari 17 dokumen syarat yang telah diajukan tersebut terdapat dua kekurangan sehingga penundaan KEK masih berlangsung hingga beberapa tahun ke depan.
"Kedua syarat itu yakni Pernyataan Kepemilikan Nilai Ekuitas (minimal 30 persen dari nilai investasi) dan Pernyataan Kesanggupan Melaksanakan Pembangunan dan Pengelolaan KEK," ujarnya.

Ia menambahkan, meski begitu pihaknya tetap optimis pembentukan KEK ini akan segera terwujud seiring optimalisasi sarana infrastruktur penunjang seperti tol yang saat ini tengah dibangun.
"Terlebih dengan naiknya status kawasan ekonomi khusus, dapat mendorong aktivitas ekonomi masyarakat di Provinsi Bengkulu kedepan. Kita Optimis KEK Pulau Baai akan segera terwujud," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: