ASIDEWI Terus Fokuskan Pengembangan Desa Wisata

ASIDEWI Terus Fokuskan Pengembangan Desa Wisata

CURUP EKSPRESS ONLINE - Hingga saat ini Asosiasi Desa Wisata (ASIDEWI) Provinsi Bengkulu masih akan fokus dalam memberikan pendampingan terhadap desa-desa wisata di Provinsi Bengkulu. Demikian ditegaskan Ketua ASIDEWI Provinsi Bengkulu, Suimi Fales SH MH, Jumat (29/10) kemarin.
"Sampai dengan saat ini kita di ASIDEWI sudah memberikan pendampingan terhadap desa wisata selama 3 tahun. Seperti desa wisata Sebelat Ulu di Kabupaten Lebong yang kemarin (Kamis, red) diresmikan berbarengan dengan pengukuhan desa pramuka," ungkap pria yang akrab disapa Wan Sui ini.

Menurutnya, setelah diresmikan sebagai desa wisata, ASIDEWI bakal terus mendampingi hingga wisata desa Sebelat Ulu semakin dikenal dan rampai dikunjungi wisatawan.
"Sehingga nantinya keberadaan desa wisata ini dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Sebelumnya Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah menyampaikan, desa-desa di Provinsi Bengkulu, saat ini mulai melakukan pengembangan wisata sesua dengan potensi yang dimiliki. ahkan beberapa desa sudahask dalam TOP 100 Desa Wisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
"Ini adalah wujud optimisme dari desa dan masyarakatnya, untuk menjadikan sektor wisata di pedesaan menjadi sumber peningkatan kesejahteraan, peningkatan ekonomi baru, bahkan pemulihan ekonomi saat ini, disamping menjaga alam dan kearifan lokalnya," sampai Gubernur.

Dikatakannya, untuk merangsang pengembangan desa-desa wisata di Bengkulu, lanjut Rohidin, Pemprov Bengkulu melalui Dinas Pariwista juga rutin menggelar lomba desa tingkat Provinsi. Harapannya, desa-desa yang mempunyai objek serta potensi kunjungan wisata, bisa melakukan pengembangan dan pengelolaan sektor tersebut sehingga mampu menjadi sumber ekonomi baru.
"Tentunya tidak semua desa kita dorong menjadi desa wisata, menyesuaikan potensi dan karakteristik keunikan masing-masing. Bisa jadi ada desa industri, atau sektor lain," sinkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: