Curah Hujan Meningkat, BPBD Imbau Masyarakat Peka Bencana Alam

Curah Hujan Meningkat, BPBD Imbau Masyarakat Peka Bencana Alam

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, kembali meminta kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang bisa saja terjadi. Mengingat curah hujan beberapa pekan belakangan cukup tinggi. Oleh karenanya, BPBD menghimbau masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai agar waspada potensi banjir dan tanah longsor.
"Seperti kita tahu bahwa, makin kesini intensitas hujan di daerah kita semakin tinggi. Dimana setiap hari selalu hujan. Nah, dengan sebab itu kami BPBD menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada dan bertempat tinggal di pesisir sungai dan siring besar agar lebih waspada. Bukan tidak mungkin terjadi bencana alam yang tidak diinginkan," sampai Kepala BPBD Kabupaten Rejang Lebong, Shalahudin melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Andi Purwanto ketika dikonfirmasi jurnalis, Minggu (28/9) kemarin.

Pihaknya menerangkan, selain bencana banjir dan tanah longsor bisa juga hujan disertai dengan angin kencang. Yang mana hal itu bisa menyebabkan pohon tumbang sehingga dapat merusak atas bangunan.
"Ini juga penting, bagi warga yang di sekitaran rumahnya ada pohon apalagi pohon besar bisa segera melakukan evaluasi atau ngungsi, apabila terjadi hujan disertai badai. Sebagai bentuk antisipasinya, warga bisa merapikan dengan memangkas dahan-dahan atau menebang pohon yang memang sudah besar dan tinggi," paparnya.

Terakhir Andi kembali menambahkan, diingatkan juga kepada masyarakat yang tinggal atau bermukim di wilayah lereng bukit agar memperhatikan aspek lingkungan sekitar bangunan tempat tinggal.
"Tidak kalah penting juga, bagi warga yang bermukim di bawah bukit agar lebih peka terhadap bencana alam seperti longsor yang besar kemungkinan terjadi," pungkasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: