Street Mini4WD Resmi Jadi Cabor Baru, Siap Bikin Rekor MURI

Street Mini4WD Resmi Jadi Cabor Baru, Siap Bikin Rekor MURI

CURUPEKSPRESS.COM, JAKARTA – Sejak mulai dikenal pada 2017 Street Mini4WD berkembang pesat di Indonesia. Bahkan, hobi memainkan mobil Mini4WD atau Tamiya dengan berlari tersebut kini resmi menjadi cabang olahraga baru.

Bertempat di Paco Co Working di Taman Bungkul, Surabaya, Sabtu (5/3) Komunitas Street Min4WD Indonesia Play On mengadakan acara peresmian pendirian komunitas sekaligus pengukuhan Street Mini4WD sebagai cabang olahraga baru di bawah KORMI. KORMI adalah Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia yang berafiliasi dengan Dispora dan Disbudpar.
”Setelah melalui berbagai tahapan mulai pengakuan sebagai organisasi resmi berbadan hukum dan memiliki akta pendirian, kami mengajukan Street Mini4WD sebagai cabang olahraga ke KORMI,” tutur Rangga Marvel Founder Kumonitas PlayOn Indonesia.

”Di KORMI kami berhasil memenuhi berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah cabang olahraga. Termasuk adanya kantor sekretariat tempat berlatih. Setelah semua syarat terpenuhi, kita resmi dikukuhkan sebagai cabang olahraga,” tambahnya.

Pendiri Komunitas PlayOn Indonesia Rangga Marvel (kiri) dalam acara peresmian komunitas di Surabaya (5/3).
Candra Kunia/Jawa Pos
Sampai saat ini, Komunitas PlayOn Indonesia telah tersebar di 25 regional di seluruh Indonesia. Di Facebook, anggota grup sudah mencapai 2700 lebih.
Selama pandemi, komunitas ini tidak berhenti berkrgiatan. Meski lebih banyak dilakukan secara daring. Salah satunya adalah PNC (PlayOn National Challenge).
PNC telah memasuki tahun kedua pada 2022. Kegiatan ini menantang member grup berlari dengan jarak sejauh mungkin dalam waktu 30 menit. Bisa individual atau tim.

Seluruh kegiatan disiarkan secara live di grup Facebook. Jarak akan ditentukan menggunakan aplikasi Strava.
Selain itu, berbagai kompetisi di masing-masing regional sudah kerap digelar dalam tiga tahun terakhir. Peminatnya juga beragam, dari anak-anak hingga dewasa.
Street Mini4WD sendiri pada awalnya lahir di Italia pada sekitar 1994. Olahraga ini menggabungkan kemampuan berlari sambil menggirim mobil Mini4WD menggunakan tongkat pemandu (guide stick).
Pada 2017 Rangga ditunjuk oleh perwakilan Italia sebagai ambassador Street Mini4WD di Indonesia. ”Pada awalnya kami hanya bermain berdua di Surabaya ini. Seiring berjalannya waktu ternyata peminatnya berkembang cepat ke seluruh Indonesia,” tambahnya.

Saat ini, Komunitas PlayOn Indonesia sedang mempersiapkan penciptaan rekor MURI. Yakni berlari menggunakan mobil Mini4WD sejauh 20 kilometer.
”Rencananya, kami akan melakukannya Mei nanti di Jakarta,” ujarnya. (**/JP)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: