Berhasil MT II Dalam Setahun Bupati Janjikan Kendaraan Bagi Desa

Berhasil MT II Dalam Setahun Bupati Janjikan Kendaraan Bagi Desa

CURUP EKSPRESS.COM, LEBONG - Kabar gembira untuk desa-desa di wilayah Kabupaten Lebong yang memiliki lahan persawahan. Pasalnya, Bupati Lebong Kopli Ansori menjanjikan akan memberikan 1 unit mobil dan 2 unit motor pribadi bagi desa yang berhasil 100 persen dapat menjalankan program masa tanam dua kali atau MT II dalam setahun. Hal itu disampaikan Bupati saat memimpin rakor teknis persiapan MT II yang dilaksanakan Selasa (15/2) kemarin. 
"Reward berupa 1 unit mobil dan 2 unit motor itu bukan uang negara melainkan uang pribadi saya sendiri," ucap Bupati.

Dijelaskan Bupati, reward atau hadiah yang di janjikannya tersebut merupakan bentuk keseriusannya dalam mendukung program pertanian. Selain itu hadiah yang dijanjikan Bupati itu juga akan di berikan nya kepada desa yang telah berhasil 100 persen sukses melaksanan masa tanam dua kali.
"100 persen yang dimaksud itu bukan dilihat dari luas area persawahannya melainkan dari hasil panen yang di lakukan oleh desa itu sendiri," sampainya. 

Selain itu kata Bupati untuk teknis penyalurannya sendiri nantinya akan diseleksi terlebih dahulu dan akan di lakukan pengundian. Untuk reward pertama desa akan mendapatkan 1 unit mobil, kedua akan mendapat 1 unit motor, dan ketiga 1 unit motor. 
"Harapan saya reward ini bisa memotivasi  setiap desa yang saat ini sedang memasuki masa tanam," ucap Bupati. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong, Hedi Parindo, SE mengatakan untuk persiapan pelaksanaan MT II sudah dimulai sejak bulan Desember tahun 2021 lalu, dengan mengadakan sosialisasi di 6 Kecamatan yang desanya paling luas. Kemudian di MT I, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya apa yang menjadi kendala dialami masyarakat di lapangan seperti pengendalian hama tikus serta menyerahkan bantuan racun tikus, serta penyemprotan hama belas. 
"Untuk persiapan pelaksanaan MT II kita sudah menggelar beberapa kali rapat dan hari ini (kemarin, red) adalah moment kita untuk mencari formula terbagus dalam penyaluran bantuan bibit Inbrida sebanyak  3.500 hektar luasan persawahan," jelasnya. 

Tak hanya itu saja, untuk mendukung pelaksanaan tanam dan panen dua kali di Kabupaten Lebong, pihaknya juga akan menyiapkan sebanyak 10 unit handtractor yang nantinya bisa dipinjam pakaikan para petani yang membutuhkan handtractor. 
"10 unit handtractor ini akan kita standby di BBI Suka Bumi. Jadi bagi para petani nantinya yang membutuhkan bisa meminjam alat tersebut untuk pengolahan lahan sawah," tandasnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: