SMPIT RR Gelar PTS Berbasis CBT Android

SMPIT RR Gelar PTS Berbasis CBT Android

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Rabbi Radhiya (RR) Rejang Lebong, tahun ini untuk pertama kalinya melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) berbasis Computer Based Test (CBT). Dimana media yang digunakan untuk melaksanakan PTS menggunakan android.

Kepala SMPIT RR Sandra Salfitra S.Pd. I menyampaikan, sebelumnya SMPIT RR sudah pernah melaksanakan PTS berbasis CBT, namun saat itu masih menggunakan komputer.
"Sebelumnya PTS kami berbasis CBT menggunakan komputer, namun karena berkembangnya teknologi, saat ini ujian yang kami laksanakan menggunakan android melalui suatu aplikasi yang dirancang khusus untuk pelaksanaan ujian, dan aplikasi tersebut terdaftar di playstore," ujarnya.

Sandra juga menyampaikan, tujuan dilaksanakannya PTS berbasis CBT agar bisa menghemat waktu, dan juga menghemat kertas selama pelaksanaan ujian berlangsung.
"Kalau dulu kan kita melaksanakan ujian masih manual menggunakan kertas, dan itu bisa memakan waktu yang lebih lama dan juga biaya yang tidak sedikit, untuk itu kita harus bisa berinovasi dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sudah tersedia," sampainya.

Lanjutnya, meski ujian dilaksanakan melalui suatu aplikasi menggunakan android, keamanan selama pelaksanaan ujian juga harus diutamakan, maksudnya sudah terkontrol secara otomatis apabila siswa yang melaksanakan ujian berusaha untuk mencontek.
"Selama pelaksanaan ujian, apabila siswa berusah mencontek melalui google, maka secara otomatis halaman lembar ujian yang sedang dikerjakan siswa akan terblokir otomatis, dan siswa wajib meminta kode baru untuk membuka soal kepada pengawas ujian," terang Sandra.

Disisi lain Sandra mengharapkan, agar aplikasi maupun PTS berbasis CBT ini selalu dikembangkan, karena akan sangat bermanfaat bagi sekolah terutama guru, untuk mempermudah pengoreksian jawaban siswa dalam jumlah banyak.
"Tentu aplikasi yang sudah tersedia ini sangatlah bermanfaat untuk sekolah, meski demikian aplikasi tersebut tetap harus dikembangkan, jadi kedepannya bisa digunakan untuk setiap ulangan, baik itu ulangan harian, semesteran, maupun ujian akhir," tukasnya. (CE3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: