2 Desa di Selupu Rejang Diusulkan Jadi Desa Wisata

2 Desa di Selupu Rejang Diusulkan Jadi Desa Wisata

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebagaimana diketahui desa wisata akhir-akhir ini menjadi tren positif di Indonesia tidak terkecuali Kabupaten Rejang Lebong. Dinas Pariwisata (Dispar) Rejang Lebong menyebut baru-baru ini, setidaknya ada 2 desa diwilayahnya yang mengusulkan untuk menjadi desa wisata.

Disampaikan Kepala Dispar Rejang Lebong, M. Budianto melalui Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata, Leni Kurniati bahwa, 2 desa tersebut diantaranya, Desa Kayu Manis dan Desa Kali Padang Kecamatan Selupu Rejang.
"Kami baru saja menerima 2 berkas pengajuan desa wisata yang keduanya dari kecamatan yang sama, yakni Selupu Rejang," sampainya.

Leni mengatakan, berkas proposal yang diajukan kedua desa tersebut sudah memenuhi syarat dan ketentuan. Bahkan dirinya menilai kedua desa itu positif untuk ditetapkan sebagai desa wisata baru di Kabupaten Rejang Lebong, karena memiliki sejumlah potensi wisata yang dapat dijual.
"Kedua desa itu memang memiliki potensi yang bagus," ujar Leni.

Dilanjutkannya, adapun potensi wisata yang dimiliki Desa Kali Padang saat ini antara lain, air terjun, wahana sepeda gantung dan permadani terbang. Sedangkan potensi wisata yang dimiliki dan ditawarkan Desa Kayu Manis yakni Air Terjun Sumpel yang indah dan dapat memanjakan mata bagi yang melihatnya, ketinggian air terjun itu hampir 50 meter.
"Dengan potensi wisata yang dimiliki, mereka optimis bisa jadi salah satu desa wisata dibuktikan dengan pengusulan berkas ke Dispar," ucapnya.

Tambah Leni, dalam hal ini Pemkab tidak pernah menunjuk suatu desa untuk menjadi desa wisata. Akan tetapi desa itu sendiri yang berinisiatif dan berlomba-lomba mengembangkan potensi wisata yang dimiliki. Sambungnya, sejauh ini Pemkab Rejang Lebong memiliki 23 desa wisata. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: