Harga Cabai Makin HOT! Petani Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Harga Cabai Makin HOT! Petani Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan

NICKO/CE Pedagang cabai di Pasar Atas Curup--

 REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM   - Harga komuditi pertanian khususnya cabai merah, saat ini terus melambung. Harga eceran saat ini mencapai Rp 120 ribu/Kg.

BACA JUGA :  Diduga Cabuli Rekan Kerja, Oknum THL di Laporkan ke Polisi 

Meski memberikan keuntungan tersendiri bagi  petani, kondisi itu juga perlu diwaspadai oleh petani. Karena tidak menutup kemungkian memberikan ruang bagi pelaku kejahatan untuk memanfaatkan situasi itu.

BACA JUGA :  Dikelola Pihak Ketiga Dishub Ingin Tingkatkan PAD Parkir 

Sebagaimana disampaikan Kapolres Rejang Lebong AKBP Tonny Kurniawan SIK, melalui Kapolsek Curup Iptu Samsudin SH, yang  menghimbau, agar para petani cabai dapat melakukan penjagaan terhadap tanaman cabai masing-masing. Hal itu dilakukan untuk meiminimalisir terjadinya tindak pidana pencurian cabai yang saat ini harganya sedang melambung.

BACA JUGA :  Curup Utara Siapkan 7 Nama Penjabat Kades  

"Sejauh ini memang belum ada laporan  pencurian cabai. Akan tapi dengan melambungnya harga cabai saat ini, saya ingatkan agar masyarakat tetap melakukan penjagaan," ujarnya.

BACA JUGA :  Melawan, 1 Tersangka Curanmor di Dor! 

Dikatakan Kapolsek, jangan sampai ada petani yang dirugikan akibat aksi pencurian, sedangkan harga cabai yang tinggi  harusnya menguntungkan petani.

BACA JUGA :  JCH RL Bersama Bupati Wukuf di Arafah 

"Sembari meningatkan, kami juga akan terus memantau, jika ada terjadi kejadian yang berbau kriminal," sampainya.

BACA JUGA :  CATAT.. Cara Mengunjungi Napi di Lapas Curup 

Ditempat terpisah Harlia (42) salah satu pedagang cabai merah di Pasar Atas Curup mengatakan, kenaikan harga cabai ini sudah terjadi jauh sebelum  pelaksanaan Idul Adha kemarin. Itu dikarenakan  stok cabai yang berkurang, sedangkan jumlah permintaan meningkat.

BACA JUGA :  SMAN 5 RL Masih Buka PPDB 

"Puncaknya kemarin harga cabai yang sebelumnya Rp 100 ribu/Kg, saat ini harga nya sudah diangka Rp 120 ribu/Kg. namun ada kemungkinan harga cabai turun kembali menjadi Rp 100 ribu/Kg, apabila dalam waktu dekat ini stok cabai masuk," ucapnya.

BACA JUGA : Pembangunan SDN 2 RL, Siswa Diwacanakan Masuk Pagi-Siang 

Untuk itu dirinya berharap, agar harga cabai ini bisa kembali normal lagi seperti sebelumnya. Dimana dengan harga cabai yang terlampau tinggi ini, dirinya juga tidak berani menyetok cabai dalam jumlah banyak.

BACA JUGA :  BPBD Lebong Akui Tak Miliki Data Akurat

"Jika harga cabai tidak kunjung turun, kasihan masyarakat yang ekonominya rendah. Tentunya untuk membeli cabai dirinya akan berpikir panjang," singkatnya.

Sumber: