79 Desa Belum Cairkan DD Tahap II

79 Desa Belum Cairkan DD Tahap II

ILUSTRASI/NET--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Curup, menginformasikan bahwa selama proses penyaluran dana desa (DD) tahap II berlangsung, masih terdapat 79 desa lagi di wilayah Kabupaten Rejang Lebong (RL) yang belum mencairkan dana tersebut.

Demikian disampaikan Plt Kepala KPPN Curup, Dewansyah melalui Kepala Seksi Bank, Budi Aryanto.

"Masih banyak sekali desa di wilayah RL yang belum mencairkan DD tahap II, bahkan lebih dari separuh dari total sebanyak 122 desa," sampainya.

Dewansyah menegaskan, jika batas akhir atau deadline pencairan DD tahap II di KPPN jatuh pada tanggal 23 Agustus 2022 mendatang.

Apabila sampai dengan waktu yang telah ditetapkan itu masih terdapat desa yang belum juga mencairkan, maka desa yang bersangkutan tidak akan bisa mencairkan DD tahap III.

"Oleh karenanya kami, ingatkan kepada para pemerintah desa agar secepatnya menyiapkan persyaratan berkas dan mencairkan," terangnya.

Sementara itu, Budi melanjutkan, untuk desa yang sudah mencairkan DD tahap II di Kabupaten RL sampai dengan Selasa (9/8) kemarin tercatat sebanyak 43 desa.

Dimana total DD yang sudah keluar dari rekening kas umum negara (RKUN) sebesar Rp 54,8 miliar.

Lanjutnya, dari Rp 54,8 miliar tersebut, sebesar Rp 21,8 miliar dipergunakan untuk penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD), periode bulan Januari sampai dengan Juli 2022.

"43 desa yang sudah mencairkan DD tahap II juga diketahui sudah menyalurkan BLT DD nya," ujar Budi.

Masih dikatakan Budi, adapun jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima BLT DD sampai dengan tahap II di wilayah Kabupaten RL sebanyak 12.125 kepala keluarga (KK).

Pihaknya mengharapkan agar sisa DD Tahap II, sebesar Rp 15,4 miliar untuk 79 desa dapat segera dimintakan penyalurannya ke KPPN Curup.

Dokumen persyaratan penyaluran DD tahap II agar dapat disampaikan ke KPPN secepatnya sebelum batas akhir penyaluran benar-benar habis. 

Sumber: