Dinsos Terima 517 Buffer Stock

Dinsos Terima 517  Buffer Stock

Adit/CE Bantuan Buffer Stock yang berada di penyimpanan gudang Dinas Sosial --

LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten Lebong, melalui Dinas Sosial (Dinsos) menerima sebanyak 517 paket buffer stock penanganan bencana alam dari Kementerian Sosial (Kemensos RI). 

Paket tersebut berisi berbagai ketersediaan, diantaranya tenda gulung, kasur, famili kit, peralatan dapur, Pampers Bayi, selimut makanan siap saji hingga 2 unit sepeda motor roda tiga.

Plt Kepala Dinsos Lebong, Puji Warno mengatakan jika bantuan baffer stock yang sudah diterima ini merupakan usulan yang sebelumnya sudah disampaikan pihaknya melalui Pemprov Bengkulu. Terlebih bantuan ini sendiri dilakukan bertujuan agar tidak terjadi keterlambatan untuk membantu masyarakat Lebong jika satu saat terjadi bencna alam.  

"Alhamdulillah, bantuan baffer stock sudah kita terima, setelah kita jemput langsung  ke Alyatama Jambi," ujar Puji

Disampaikan Puji, bantuan yang sudah diterima ini langsung didistribusi pihaknya kepada masyarakat warga Kelurahan Mubai, Kecamatan Lebong Selatan yang terkena musibah kebakaran pada beberapa waktu lalu.

Yang mana sesuai data yang diterima pihaknya,  sedikitnya ada 8 unit rumah warga setempat yang terdampak musibah kebakaran, 3 rumah diantaranya mengalami rusak berat dan sisanya mengalami rusak sedang hingga ringan.

"Rencana besok (hari ini red), bantuan baffer stock ini mulai akan didistribusi kepada warga kelurahan Mubai yang terdampak bencana kebakaran. Dan sekarang kami masih menunggu data jiwa berdasarkan umur dari pihak kelurahan, karena juga akan ada bantuan pakaian anak yang juga akan diserahkan," sampainya.

Sementara itu, lanjutnya Puji, untuk bantuan sepeda motor roda tiga akan diserahkan kepada dua orang warga penyandang disabilitas yakni 1 orang warga Desa Embong I Kecamatan Uram Jaya atas nama Supriyadi. Kemudian warga Desa Suka Bumi Kecamatan Lebong Sakti atas nama Ujang Caniago.

"Kalau bantuan bantuan motor ini akan diserahkan secara simbolis oleh bupati. Kemungkinan akan diserahkan seusai penyaluran bantuan baffer stock kepada warga Mubai,," lanjutnya.

Dia menambahkan, jika tidak ada kendala dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menjemput bantuan baffer stock tambahan dari Kementerian ke Provinsi Bengkulu.

Bantuan ini nantinya sebagai persiapan Dinsos Lebong untuk membantu masyarakat Lebong, apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

"Mungkin sekitar pekan depan kita akan menjemput bantuan itu ke Provinsi Bengkulu. Yang mana jumlah skalanya pun lebih besar atau lebih banyak sebagai persiapan untuk menanggulangi warga yang terdamapak bencana alam," pungkasnya. 

Diketahui, adapun ratusan paket baferr stock yang berhasil diterima ini diantaranya, selimut merah 35 lembar, matras 35 lembar, tenda gulung 21 lembar, pampers 84 paket, kasur 39 unit, air mineral 14 dus, lauk pauk siap saji 140 paket, makanan siap saji 140 paket, makanan anak 56 paket, family kids 21 paket, sandang bayi 70 stel serta 2 unit bantuan kendaraan berupa kendaraan sepeda motor roda tiga. 

 

Sumber: