Dikbud Harapkan Sekolah Membenahi Diri

Dikbud Harapkan Sekolah Membenahi Diri

DOK/CE Sekretaris Dikbud RL, Deri Efendi SPd MM--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong mengharapkan seluruh satuan pendidikan yang ada saat ini untuk selalu membenahi diri. S

elain itu tidak mudah cepat berpuas diri dengan nilai mutu pendidikan yang ada saat ini.

"Kita harapkan seluruh satuan pendidikan untuk membuat perencanaan berbasis data, sehingga nantinya mereka bisa memahami apa permasalahan di masing-masing sekolah serta mengetahui apa yang menjadi akar permasalahan tersebut, dan diharapkan setelah memahami apa yang menjadi akan permasalahannya, mereka bisa merumuskan cara perbaikan atas masing - masing permasalahannya," sampai Sekretaris Dikbud RL, Deri Efendi SPd MM kepada wartawan Rabu, 31 Agustus 2022 kemarin.

BACA JUGA:Ada 5 Pelamar Direksi Perumdam TBK

BACA JUGA:Bunda PAUD Antusias Sambut

Dikatakan Deri, sebenarnya saat ini nilai report mutu pendidikan di RL berada di nilai 1,67. Sementara nilai lulus nilai tersebut harus 1,8.

"Artinya walaupun report mutu pendidikan kita masih dibawah standar kelulusan, akan tetapi hanya sedikit lagi kurangnya," terang Deri.

Menurut Deri, bahwasanya untuk jumlah nilai tersebut, nilai mutu pendidikan di RL tidak kalah dengan kabupaten - kabupaten yang ada di provinsi Bengkulu.

Bahkan menurutnya pada tahun 2022 nilai mutu pendidikan di RL lebih tinggi dengan kabupaten Lebong dan sejajar dengan kabupaten Kepahiang dan juga Bengkulu Kota.

BACA JUGA:Stop Jual Beli Chip, Polres Pastikan Tindak Tegas!

BACA JUGA:SDN 32 RL Juara Favorit Senam SKJ

"Mutu pendidikan tersebut tentunya dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh masing - masing satuan pendidikan, sedangkan untuk prestasi dari pendidikan di RL sudah kita buktikan dengan prestasi yang diperoleh di berbagai ajang yang sudah kita ikuti seperti, OSN, O2SN, FLS2N, Opsi, dan sebaiknya, hampir dari semua ajang tersebut kita mendapatkan prestasi baik di tingkat Provinsi maupun ke tingkat nasional," jelas Deri.

Lebih jauh Deri juga menyampaikan perihal report mutu pendidikan di Kabupaten RL sangat lah rendah bahkan saat ini berada di bawah kabupaten Kepahiang dan Lebong yang disampaikan di dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) perencanaan berbasis data yang dilakukan pihaknya pada minggu kemarin.

Hal tersebut merupakan salah satu strategi pihaknya agar seluruh satuan pendidikan di kabupaten RL agar selalu membenahi diri sehingga nantinya diharapkan mutu pendidikan di setiap satuan pendidikan.

"Alhamdulillah sekarang ini sudah ada bukti nyatanya, dan sekarang mereka semua sudah membuatnya perencanaan berbasis data dan nantinya akan kami evaluasi perencanaan dari masing - masing sekolah tersebut. Sambil waktu berjalan insyaallah pada triwulan ke - 4 nanti sejauh mana perencanaan tersebut di implementasi kan oleh masing - masing satuan pendidikan," pungkasnya.

Sumber: